Home » , » Terapkan Protokol Kesehatan, Pasar Hewan “Ponan” Blora Mulai Beroperasi

Terapkan Protokol Kesehatan, Pasar Hewan “Ponan” Blora Mulai Beroperasi

infoblora.com on Jun 16, 2020 | 10:00 AM

Pasar Hewan Ponan di Kelurahan Karangjati mulai beroperasi hari ini, Selasa (16/6/2020). (foto: istimewa)

BLORA. Sejak ditutup akhir Maret 2020, akhirnya Pasar Hewan “Ponan” Blora kembali beroperasi Selasa (16/6/2020). Ratusan pedagang hewan berupa sapi, kambing, domba, dan lainnya dari berbagai kota datang ke pasar yang ada di Jl. Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Karangjati ini.

Sejak pagi, sejumlah truk dan angkutan bak terbuka masuk ke area parkir pasar untuk bongkar muat hewan. Namun bedanya, kali ini semua harus mematuhi protokol kesehatan yang disiapkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Blora.

Sejumlah petugas melakukan pemeriksaan terhadap seluruh pedagang dan pembeli yang datang ke Pasar Ponan. Ada yang memeriksa subuh tubuh dengan termogun, kemudian penyemprotan disinfektan ke armada pengangkut hewan, dan penyediaan hand sanitizer serta cuci tangan pakai sabun.

Kepala Dindagkop UKM Blora, Sarmidi terjun langsung melakukan pengawasan di Pasar Ponan. Menurutnya pembukaan kembali pasar hewan ini sesuai dan seizin dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blora, yang tidak lain adalah Bupati Blora, Djoko Nugroho.

Petugas melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap awak kendaraan pengangkut hewan di Pasar Ponan. (foto: istimewa)
“Pembukaan Pasar Hewan Ponan ini sudah seizin Bapak Bupati selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Blora. Kemarin mulai kita siapkan dengan penyemprotan disinfektan, kemudian pemasangan bilik disinfektan, pemasangan alat cuci tangan dan menugaskan petugas pengontrol. Alhamdulillah hari ini bisa dibuka sekaligus diujicobakan,” terang Sarmidi.

Tidak menutup kemungkinan, menurutnya nanti akan dilakukan evaluasi agar kedepan pemberlakukan protokol kesehatan bisa lebih maksimal.

“Kami wajibkan semua pedagang dan pengunjung pasar memakai masker dan menjaga jarak,” sambungnya.

Sarno (37) salah satu warga asal Kecamatan Jepon mengaku senang dengan dibukanya kembali Pasar Ponan ini. Menurutnya sudah saat nya Pasar Ponan dibuka karena sebentar lagi akan ada Idul Adha, sehingga banyak masyarakat yang akan mencari hewan kurban.

“Bulan depan, Juli sudah Idul Adha, pasti banyak yang cari hewan kurban mulai sekarang. Alhamdulillah sudah dibuka. Kita siap patuh pada protokol kesehatan,” ungkapnya singkat.

Penutupan pasar ini dilakukan Dindagkop UKM Blora sejak akhir Maret silam karena dikhawatirkan menjadi tempat penularan dan persebaran virus Corona. Pasalnya banyak pedagang hewan yang berasal dari wilayah luar Kabupaten Blora. (reg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved