Home » , » Perkuat Teritorial Indonesia Timur, Kodim 0721 Blora Lepas Anggota ke Papua

Perkuat Teritorial Indonesia Timur, Kodim 0721 Blora Lepas Anggota ke Papua

infoblora.com on Jun 25, 2020 | 7:30 AM

Anggota Kodim 0721/Blora mengikuti apel keberangkatan Satgaster ke Papua, Rabu siang (24/6/2020) kemarin. (foto: dok-ib)

BLORA. Dalam rangka memperkuat wilayah teritorial di Indonesia bagian timur, Kodim 0721/Blora pada Rabu siang (24/6/2020) kemarin melaksanakan apel pelepasan keberangkatan anggota untuk Tugas Operasi Teritorial ke Papua dan Papua Barat.

Apel dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 0721/Blora, Letkol Inf. Ali Mahmudi, SE di halaman Markas Kodim 0721/Blora diikuti para perwira Kodim dan staf.

Dandim Letkol Inf. Ali Mahmudi, SE, menyampaikan bahwa anggota yang berangkat ke Papua ada 3 personil, yakni Pelda Samuri dari Koramil 05/Cepu, Sertu Suyono dari Koramil 07/Sambong dan Serda Sumaryoto dari Koramil 13/Kunduran.

“Pemberangkatan personil ini merupakan gelombang ketiga, untuk menggantikan gelombang pertama yang berangkat pada bulan Juli 2019 lalu,” ucap Dandim.

Menurut Dandim, pelepasan anggota Satgas Teritorial Kodim 0721/Blora ini merupakan perintah dari Komando Atas untuk melakukan tugas sebagai Aparat Teritorial di wilayah Kodam XVIII/Kasuari dan Kodam XVII/Cenderawasih.

“Ini bukan tugas tempur, tetapi tugas untuk memperkuat teritorial di dua wilayah di provinsi Papua Barat dan Papua. Mereka akan melaksanakan tugas selama 9 bulan. Rencana pemberangkatan akan dilakukan pada akhir Juni ini,” lanjut Dandim.

Dandim juga menjelaskan bahwa personil yag di berangkatkan dalam satgaster adalah anggota yang memenuhi syarat dan kriteria, mereka adalah anggota yang produktif, memiliki kemampuan teritorial, yang di rekrut dan di seleksi oleh Kodim  melalui tiap Koramil untuk di ajukan layak sebagai anggota Satgaster.

“Mereka akan melakukan tugas teritorial sesuai bidang yang dikuasainya. Jadi apa yang akan mereka lakukan sudah dilakukan di sini, dan akan ditransferkan di medan tugas guna membantu masyarakat setempat, nantinya,” imbuh Dandim.

Pihaknya juga menegaskan bahwa ini adalah tugas terhormat dan mulia sehingga merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi personil yang menerimanya. Dia pun meminta kepada anggotanya agar dapat menjalankan tugas dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

“Keberhasilan tugas akan dapat dicapai, yakini dimanapun kita berada dengan semangat tinggi disertai tanggung jawab. Kita pasti bisa,” pesan Dandim sembari meminta agar menjaga nama baik satuan Kodim 0721/Blora.

Sementara itu, Pelda Samuri dari Koramil 05/Cepu menyatakan bahwa dirinya siap mengemban tugas mulai dari atasan tersebut. Dirinya merasa bangga bisa ikut berkontribusi dalam Satgaster yang ditugaskan ke Papua.

“Kami siap, semuanya demi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mohon doanya semoga selama menjankan tugas diberikan kelancaran dan kesehatan, aamiin,” ucapnya singkat. (pendim-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2013-2020. infoblora.com - All Rights Reserved