Home » , » Dinas PMD Blora : Data Penerima BLT Dana Desa Diminta Diumumkan Secara Terbuka

Dinas PMD Blora : Data Penerima BLT Dana Desa Diminta Diumumkan Secara Terbuka

infoblora.com on Jun 5, 2020 | 12:03 PM

Mewakili Kepala Dinas PMD, Kabid Pemerintahan Desa, Dwi Edy Setyawan menyampaikan agar Kades bisa mengumumkan data penerima BLT Dana Desa. (foto: dok-ib)

BLORA. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten Blora, Hariyanto, melalui Kabid Pemerintahan Desa, Dwi Edy Setyawan, pad Kamis (4/6/2020), mengatakan bahwa pihaknya sebagai dinas yang mengurusi penyaluran BLT Dana Desa untuk penanganan dampak Covid-19, ingin menyampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan persiapan penyaluran BLT Dana Desa untuk tahap kedua atau bulan kedua.

“Alhamdulillah untuk tahap pertama atau bulan pertama sudah berjalan lancar mulai 15 Mei lalu hingga 20 Mei 2020, dan Blora menjadi salah satu Kabupaten tercepat di Jawa Tengah yang menyalurkan BLT Dana Desa bersama dengan Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Sedangkan untuk persiapan penyaluran bulan kedua, menurutnya saat ini masing-masing desa sedang melaksanakan musyawarah desa (musdes) khusus untuk verifikasi dan validasi keluarga penerima manfaat. Karena masih dijumpai penerima ganda dan keluarga non DTKS yang belum masuk data penerima BLT Dana Desa.

“Bagi keluarga miskin non DTKS yang belum mendapatkan BLT Dana Desa pada bulan pertama bisa dimasukkan penyaluran pada bulan kedua melalui musyawarah desa khusus yang melibatkan BPD, LKMD, RT, RW dan lainnya secara terbuka, jangan sampai timbul anggapan yang dapat hanya orang dekat Kades, serta revisi peraturan kepala desa tentang penerima BLT Dana Desa. Diharapkan data penerima pada usulan bulan kedua benar-benar fix dan valid,” tegas Dwi Edy Setyawan.

Adapun untuk Pemerintah Desa, diminta untuk bisa menfasilitasi masyarakat yang belum memiliki nomor induk kependudukan dan kartu keluarga ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora.

“Data penerima kami minta untuk bisa diumumkan secara terbuka. Bisa ditempel di tempat strategis desa atau diumumkan melalui pengumuman pengeras suara untuk keterbukaan publik serta fungsi pengawasan,” pungkasnya. (eg-infoblora)

Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2013-2020. infoblora.com - All Rights Reserved