Home » , » Data Penerima BLT Dana Desa Bisa Diperbaiki, Ini Caranya

Data Penerima BLT Dana Desa Bisa Diperbaiki, Ini Caranya

infoblora.com on May 29, 2020 | 3:00 PM

Mewakili Kepala Dinas PMD, Kabid Pemberdayaan Masyarakat menyampaikan rencana penyaluran bantuan BLT Dana Desa bulan kedua yang akan dilaksanakan pertengahan Juni 2020. (foto: dok-ib)

BLORA. Masih ditemukannya keluarga miskin non-DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) di sejumlah desa yang belum tercover bantuan BLT Dana Desa pada tahap pencairan bulan pertama pertengahan bulan Mei kemarin, membuat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blora angkat bicara.

Jumat (29/5/2020), Kepala Dinas PMD Kabupaten Blora melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD, Gartini, S.Sos, MA, saat konferensi pers di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 membenarkan bahwa masih dijumpai keluarga miskin non-DTKS yang belum tercover bantuan.

“Bagi keluarga miskin non DTKS yang belum mendapatkan BLT Dana Desa bulan pertama, bisa dimasukkan dalam usulan penyaluran bulan kedua dengan melalui musyawarah desa (musdes) khusus dan revisi peraturan Kepala Desa,” ujar Gartini.

“Sedangkan untuk penyaluran bulan kedua rencananya akan dilakukan pertengahan bulan Juni 2020 dengan menggandeng beberapa bank terkait seperti bulan pertama kemarin,” lanjutnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa pada tanggal 28 Mei 2020 kemarin telah dilaksanakan rakor dengan seluruh Camat, Kasi Pembangunan se Kabupaten Blora, Bank Jateng, PD BPR BKK, PD BPR Blora Arta, serta dihadiri Inspektorat, Staf Khusus Bupati guna evaluasi penyaluran BLT Dana Desa bulan pertama dan persiapan penyaluran bulan kedua.

“Untuk penyaluran bulan pertama sudah dimulai 15 Mei hingga 20 Mei 2020 kemarin dan telah direalisasikan BLT Dana Desa sejumlah 24.674 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang besarannya Rp 600 ribu per KPM. Sehingga yang terserap sudah Rp 14.804.400.000,00 di 271 desa se Kabupaten Blora,” ucap Gartini.

Pihaknya berharap pada penyaluran bulan kedua, pertengahan Juni nanti bisa berjalan lancar dan tidak terjadi kerumuman, sesuai anjuran protokok kesehatan. (dmz-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2013-2020. infoblora.com - All Rights Reserved