Home » , » Soal Virus Corona, Dinkes Blora : Lebih Baik Jaga Imunitas Daripada Pakai Masker

Soal Virus Corona, Dinkes Blora : Lebih Baik Jaga Imunitas Daripada Pakai Masker

infoblora.com on Mar 4, 2020 | 9:00 AM

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lilik Hernanto, S.KM, M.Kes memberikan arahan terkait virus corona. (foto: dok-ib)
BLORA. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora turut prihatin atas terjadinya kecemasan di kalangan masyarakat tentang merebaknya pemberitaan bahaya virus corona yang mulai masuk Indonesia.

Plt. Kepala Dinkes Blora, Lilik Hernanto, S.KM, M.Kes, saat ditemui usai mengikuti rapat koordinasi Kesiapan Penanganan dan Kewaspadaan Virus Corona atau COVID-19 (Corona Virus December 2019), Rabu (4/3/2020), menyampaikan bahwa sebenarnya masyarakat tidak perlu panik.

“Pada dasarnya penyakit yang disebabkan oleh virus itu belum ada obatnya, beda dengan bakteri. Adapun yang bisa melawan virus adalah sistem kekebalan tubuh (imunitas) itu sendiri. Jadi yang lebih penting adalah menjaga pola hidup sehat agar tidak mudah tertular COVID-19,” ucap Lilik Hernanto.

Pola hidup sehat itu dicontohkan dengan menjaga gizi makanan yang dikonsumsi (perbanyak sayuran dan buah-buahan), minum jamu tradisional, lalu olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

“Jika pola hidup sehat ini telah dijalankan, maka tidak perlu cemas akan terjangkit COVID-19. Orang sehat tidak perlu pakai masker. Jangan seperti yang ada di Jakarta, semuanya berburu masker sehingga barangnya langka dan harganya mahal. Yang wajib pakai masker itu hanya yang sedang sakit, batuk-batuk, dan petugas kesehatan yang sedang memeriksa pasien,” terang Lilik Hernanto.

Menurut Lilik, memakai masker tidak menjamin bebas corona. Justru yang membuat tubuh kuat dan bebas virus itu karena imunitas yang kuat.

Selain itu juga harus membiasakan cuci tangan setelah beraktifitas di tempat umum. Agar kotoran dan kuman yang menempel di tangan tidak langsung terkena muka atau masuk ke dalam tubuh saat makan.

“Pahami cara cuci tangan yang benar, pakailah sabun (usahakan sabun cair) dan membilasnya dengan air yang mengalir,” lanjut Lilik Hernanto.

( baca juga : klik Antisipasi Virus Corona, Dinas Kesehatan Blora Pantau 64 Warga dari Luar Negeri )

Pihaknya meminta seluruh stakeholder terkait bisa menyosialisasikan hal ini agar masyarakat tidak panik dan resah. Sosialisasi ini tidak hanya menjadi tugas tenaga kesehatan namun seluruh stakeholder terkait agar kecemasan masyarakat menurun. Bisa dilakukan dengan menyebar pesan di media sosial, atau pertemuan dengan masyarakat desa. (eg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2013-2020. infoblora.com - All Rights Reserved