Home » , » Kamaba Yogyakarta Gelar Pelatihan Ternak Kelinci di Kalisari

Kamaba Yogyakarta Gelar Pelatihan Ternak Kelinci di Kalisari

infoblora.com on Jan 19, 2019 | 10:46 PM

Kamaba Yogyakarta bersama warga Kalisari foto bersama usai melaksanakan penyuluhan ternak kelinci. (foto: dok-ib)
BLORA. Keluarga Mahasiswa Blora (Kamaba) Yogyakarta sukses menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang dikemas dalam Social Project 2019 di Dukuh Kalisari, Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo. Pada kesempatan ini, Kamaba Yogyakarta melakukan kegiatan berupa penyuluhan dan pelatihan peternakan kelinci kepada masyarakat Dukuh Kalisari yang dilaksanakan hari Sabtu (19/1/2019).

Berdasarkan survey lapangan yang telah dilakukan oleh tim Pengabdian Masyarakat Kamaba Yogyakarta, Dukuh Kalisari berpotensi untuk dijadikan daerah binaan terkait peternakan kelinci karena dinilai warga telah sadar dan telah memulai beternak kelinci skala rumahan meskipun untuk dikonsumsi pribadi.

Di sisi lain, wilayah ini merupakan daerah yang berkecukupan air serta didukung kekayaan alam yang dapat memberikan kemudahan untuk pakan ternak kelinci.

Dengan adanya Social Project ini, kami ingin peternak kelinci di Dukuh Kalisari tidak hanya sekedar beternak, akan tetapi beternak kelinci dengan baik. Misalnya saja dengan memperhatikan pakan, kendang, perkembangbiakan dan lebih-lebih pemasaran kelinci untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,” ungkap Muhammad Bima Sakti selaku ketua panitia.

Anggota Kamaba Yogyakarta memberikan penjelasan tentang ternak kelinci yang bisa dikembangkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat. (foto: dok-ib)
Menurutnya, social project ini merupakan program kerja yang berkelanjutan.

Berdasarkan keterangan Nike Nurjannah selaku Ketua Umum Kamaba Yogyakarta, mengungkapkan bahwa kegiatan Social Project memiliki beberapa rangkaian. Pertama adalah merubah mindset masyarakat tentang beternak kelinci, penyuluhan kelinci, beternak kelinci, pemasaran, dan goals dari Social Project adalah menjadikan Dukuh Kalisari sebagai pelopor Desa Wisata Kelinci di Blora.

Untuk mencapai goals dari Social Project ini tentunya butuh waktu yang lama karena kita mulai dari nol. Kita awali dari langkah kita, warga Dukuh Kalisari memulai kembali semangat dalam beternak kelinci. Selain itu, kami membentuk struktur pengurus kelompok usaha bersama peternak kelinci yang diketuai oleh Muhammad Mustakim selaku warga asli Dukuh Kalisari dan kebetulan beliau adalah alumni Ketua Kamaba Yogyakarta tahun 2013 ,” tambah Nike.

Harapan dari ketua kelompok usaha bersama peternak kelinci, Muhammad Mustakim bahwa dengan kerjasama Kamaba Yogyakarta, Social Project dapat berjalan sesuai dengan tujuan utama serta dapat memberikan inovasi-inovasi bagi warga sekitar untuk dapat menambah nilai ekonomi masyarakat sehingga dapat mengurangi kemiskinan. Selain itu, peran pemerintah sangat dinantikan untuk dapat berpartisipasi dalam mensukseskan program Social Project. (feb|res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved