Home » , » Sambut Hari Jadi ke 269, 10 Benda Pusaka Kabupaten Blora Dikirab dengan Tapa Bisu

Sambut Hari Jadi ke 269, 10 Benda Pusaka Kabupaten Blora Dikirab dengan Tapa Bisu

infoblora.com on Dec 7, 2018 | 3:52 PM

Benda pusaka milik Pemkab Blora sebelum dikirab dipasangi untaian bunga melati di Pendopo Rumah Dinas Bupati. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Rangkaian kegiatan Hari Jadi ke 269 Kabupaten Blora, setelah Kamis pagi (6/12/2018) dilaksanakan ziarah ke makam para Bupati terdahulu dilanjutkan dengan Kirab Pusaka pada Kamis malamnya hingga Jumat dini hari (7/12/2018).

Setidaknya ada sepuluh benda pusaka milik Pemkab Blora yang dikirab. Pusaka itu berupa keris dan tombak yang merupakan peninggalan Bupati zaman dahulu.

Diantaranya adalah Keris Kyai Bisma, pusaka Kyai Segoro Madu, Kyai Cengkrong, Kyai Kolo Wijan, Kyai Sengkelat, Kyai Kantar, Kyai Kebo Lajur, Kyai Tombak Kecipir, Kyai Tombak Biring Lanang, Kyai Tombak Kudup Melati.

Sebelum dikirab, pusaka-pusaka itu terlebih dahulu dibersihkan dengan cara dicuci atau dijamasi dengan menggunakan air bunga dan jeruk nipis guna menghilangkan kotoran berupa debu dan karat.

Kirab dimulai tepat pukul 00.00 WIB yang dilepas langsung oleh Bupati Djoko Nugroho. Pusaka utama Kabupaten yakni Keris Kyai Bisma dipegang oleh Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si, sedangkan pusaka lainnya dibawa oleh Komunitas Tosan Aji Toya Padasan.

Selain memberangkatkan kirab, Bupati Djoko Nugroho bersama Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si juga ikut jalan kaki mengikuti kirab yang dilaksanakan dengan tapa bisu atau tanpa berbicara. Kirab juga diikuti oleh seluruh Kepala OPD, Camat dan Lurah.

Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si paling depan memegang keris Kyai Bismo dalam pemberangkatan kirab, Jumat dini hari. (foto: dok-infoblora)
Kirab dilaksanakan mengelilingi pusat kota, berawal dari Pendopo Rumah Dinas Bupati menuju Jl.RA.Kartini – Jl.DR.Sutomo – Jl.Gunung Sumbing – Jl.Pemuda – Jl.Arumdalu – Jl.Kolonel Sunandar – Jl.Nusantara – Jl.KH Ahmad Dahlan – Jl.Abu Umar – kembali ke Jl.RA Kartini dan menuju Rumah Dinas Bupati lagi.

Sepanjang perjalanan banyak warga yang menyaksikan jalannya kirab, meskipun dilangsungkan tengah malam. Banyak juga netizen yang mengabadikan momen tahunan ini di beberapa spot jalan yang penerangannya mencukupi.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji menyampaikan bahwa Kirab Pusaka merupakan tradisi tahunan yang selalu dilaksanakan menjelang puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora.

“Ini adalah pelestarian budaya sekaligus sebagai bentuk merawat nilai-nilai tradisi leluhur tanpa merubah maknanya. Diharapkan benda-benda pusaka peninggalan pendahulu ini bisa tetap awet dan terjaga. Melalui kegiatan ini diharapkan juga bisa menarik minat wisatawan,” ujarnya.

Sebagai puncak peringatan Hari Jadi ke 269, menurut Kunto Aji akan dilaksanakan Kirab Budaya tepat pada tanggal 11 Desember mendatang. Dimana kirab tersebut akan menampilkan seluruh potensi seni budaya yang dimiliki Blora, dengan diikuti Bupati hingga masyarakat umum. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved