Home » , » Berlangsung Meriah, Ini Pemenang Kirab Budaya Hari Jadi ke 269 Kabupaten Blora

Berlangsung Meriah, Ini Pemenang Kirab Budaya Hari Jadi ke 269 Kabupaten Blora

infoblora.com on Dec 11, 2018 | 2:25 PM

Marchingband Yonif 410/Alugoro ikut memeriahkan Kirab Budaya Hari Jadi ke 269 Kabupaten Blora. (foto: dok-ib)
BLORA. Peringatan Hari Jadi ke 269 Kabupaten Blora tepat dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 11 Desember 2018 yang dimeriahkan dengan Kirab Budaya. Dengan mengambil start dari Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kirab Budaya berjalan sejauh 1,5 kilometer menuju Blok T atau depan Stasiun Lama.

Ribuan warga berjubel menyaksikan Kirab Budaya yang dimulai pukul 08.30 WIB tersebut. Kirab diawali dengan barisan Bupati Djoko Nugroho beserta keluarga dan Wakil Bupati, diikuti jajaran Forkopimda yang mengenakan busana adat jawa.

Setelah jajaran Forkopimda, diikuti jajaran DPRD, Setda, Setwan dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Blora, termasuk Kecamatan, APDESI, Perwakilan BUMN, BUMD, Perbankan hingga organisasi politik.

Anak-anak berebut jabat tangan dengan Bupati Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dalam Kirab Budaya. (foto: dok-infoblora)
Masing-masing mempertunjukkan beragam seni budaya yang dimiliki Blora, bahkan ada juga kesenian yang didatangkan dari wilayah lain. Kabupaten Jepara dan Kabupaten Tuban juga ikut mengirimkan duta seninya untuk memeriahkan Kirab Budaya Hari Jadi ke 269 Kabupaten Blora yang tahun ini mengangkat tema “Blora Jiwa Nusantara”.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji menyatakan setidaknya ada 50 kelompok yang mengikuti Kirab Budaya.

“Paraga kirab terdiri subo manggolo, tindih prajurit, pembawa bendera merah putih dan lambang daerah. Mengiringi langkah paraga budaya, yakni manggolo retno, domas, manggolo yudho, prajurit patangpuluhan, prajurit tetabuhan, prajurit pembawa gunungan lanang dan wadon. Berikutnya tata urutan pangombyong kirab yaitu sepasang duta wisata Blora tahun 2018 dan jajaran OPD” jelas Kunto Aji.

Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si ikut berjoged bersama penari jaranan dalam pelaksanaan Kirab Budaya. (foto: dok-infoblora)
Ia bersyukur pelaksanaan Kirab Budaya berjalan lancar hingga pukul 13.00 WIB. Beragam suguhan kesenian tradisional seperti barongan, tayub, jaranan, hingga barongsai, calung dan tarian tradisional menghibur penonton yang memenuhi sepanjang rute. Juga ada penampilan Marching Band dari Yonif 410/Alugoro Blora.

Penampilan mereka juga dinilai oleh dewan juri di depan panggung kehormatan yang disaksikan langsung Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, dan para tamu undangan. Adapun hasil penilaian dewan juri menetapkan pemenang Kirab Budaya adalah sebagai berikut :
  1. Juara Pertama kontingen Dinas Pendidikan Kabupaten Blora yang menampilkan kesenian wayang orang dan jaranan, dengan nilai 263
  2. Juara Kedua kontingen Setda Kabupaten Blora yang menampilkan kesenian Jaranan RGS Blora sambil membagikan jajanan pasar, dengan nilai 256
  3. Juara Ketiga kontingen DPUPR Kabupaten Blora yang menampilkan kesenian tari Topeng Ireng dari Boyolali, dengan nilai 249
  4. Juara Harapan Satu kontingen BPPKAD Kabupaten Blora yang menampilkan Tari Keprajuritan, dengan nilai 240
  5. Juara Harapan Dua kontingen Dinas PMD Kabupaten Blora yang menampilkan Tari Jaranan dengan nilai 235
  6. Juara Harapan Tiga kontingen Dindagkop UKM yang menampilkan kesenian Barongan Blora dengan nilai 231.
Seni Barongan menjadi salah satu pertunjukkan yang ditunggu masyarakat dalam gelaran Kirab Budaya (foto: dok-infoblora)
(res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved