Home » , » Perayaan Tahun Baru Islam di Blora Berlangsung Meriah

Perayaan Tahun Baru Islam di Blora Berlangsung Meriah

infoblora.com on Sep 10, 2018 | 4:32 PM

Tim dari SMP Islam Baitunnur Bora ikut memeriahkan pawai taaruf Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H. (foto: dok-ib)
BLORA. Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah kali ini di Blora berlangsung meriah. Berbagai kegiatan kegiatan diselenggarakan untuk memaknai datangnya tahun hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah.

Salah satunya adalah pawai taaruf yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Blora dengan melibatkan ribuan pelajar dari berbagai jenjang sekolah dan madrasah. Mengambil start dari Alun-alun, peserta pawai berjalan sepanjang dua kilometer menyusuri Jl.Pemuda - Jl.Ahmad Yani sampai GOR Mustika, Senin (10/9/2018).

Setidaknya ada 123 sekolah se Kabupaten Blora mulai dari RA/TK, SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MA dan beberapa Pondok Pesantren ikut memeriahkan pawai taaruf. Beragam kesenian bernuansa islami dan kesenian daerah juga ditampilkan seperti hadroh, calung, drumband, busana carnival, hingga barongan.

Sepanjang rute yang dilalui, dipadati pelajar dan masyarakat lainnya yang menyaksikan membentuk pagar betis. Cuaca yang terik tidak menyurutkan mereka untuk setia menyaksikan pawai hingga pukul 12.00 WIB.

Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan bahwa kegiatan pawai selain untuk memeriahkan tahun baru Islam juga untuk menumbuhkan semangat syiar Islam kepada anak-anak dan generasi muda.

Pawai taaruf dilepas oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dari Alun-alun Blora. (foto: dok-ib)
“Alhamdulillah pawai tahun ini lebih meriah, pesertanya lebih banyak daripada tahun kemarin. Jangan sampai perayaan tahun baru Islam kalah dengan tahun baru Masehi. Selain pawai, pembacaan doa akhir tahun dan awal tahun juga dilaksanakan serentak di masjid-masjid hingga musholla,” terang Nuril Anwar.

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si yang hadir dan melepas pemberangkatan pawai menyatakan bahwa kegiatan ini bisa sekaligus sebagai ajang promosi bagi sekolah-sekolah kepada masyarakat luas. Sehingga selain memeriahkan tahun baru hijriah juga mempertunjukan kebolehan masing-masing sekolah.

“Semoga hal hal buruk yang terjadi di tahun lalu tidak terjadi lagi di tahun baru ini. Selamat tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriyah,” ungkapnya.

Selain pawai taaruf, peringatan tahun baru islam juga diperingati warga Blora dengan cara lain. Seperti di Kelurahan Mlangsen dilaksanakan kirab tengah malam keliling kampung dan dilanjutkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk keesokan harinya. Sementara itu di wilayah Todanan juga ada pelaksanaan pawai obor keliling desa dan tasyakuran. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved