Home » , , » Keluarga Mahasiswa Blora di Madura Gelar Malam Keakraban

Keluarga Mahasiswa Blora di Madura Gelar Malam Keakraban

infoblora.com on Sep 28, 2018 | 10:44 AM

Para Mahasiswa Blora yang sedang menempuh kuliah di Madura melaksanakan kegiatan Makrab beberapa waktu lalu. (foto: aji)
BANGKALAN. Untuk pertama kalinya, Organisasi Pemuda (Organda) Keluarga Mahasiswa Blora-Madura (KAMABA Madura) mengadakan kegiatan Malam Pengakraban (Makrab). Mereka adalah para mahasiswa Blora yang sedang mengenyam pendidikan di Universitas Trunojoyo Madura.

Dalam kegiatan Makrab yang dilaksanakan pada 15 sampai 16 September 2018 lalu di Desa Sembilangan, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan itu puluhan mahasiswa sangat antusias mengikuti acara.

Dengan mengangkat tema “Rampak Rampong, Sepi Pamrih ing Ngabekti, Seduluran Kanthi Ikhlas Ati” yang merupakan perpaduan antara Bahasa Madura dengan Bahasa Jawa, diharapkan mahasiswa yang sedang ada di perantauan untuk mencari ilmu, nantinya tetap bisa berkontribusi nyata tanpa pamrih.

Berdasarkan rilis yang diterima infoblora.com, pembukaan Makrab dilakukan melalui apel yang dilaksanakan setelah shalat ashar dan dibuka oleh Klebun, Kepala Desa setempat. Pembukaan dilakukan secara simbolis dengan pengibaran bendera Kamaba Madura.

Berlangsung sederhana, acara Makrab berhasil menjalin kekompakan diantara mahasiswa Blora yang ada di Madura. (foto: aji)
Ketua pelaksana, Muhammad Amin Nasir menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat atas terselenggarakannya kegiatan makrab tersebut.

“Terima kasih untuk semuanya yang telah bersedia meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk kegiatan ini. Semoga dengan diadakannya Makrab ini mampu menjalin solidaritas dan kekompakan dan ilmu yang kita dapat di sini bisa kita aplikasikan di kota tercinta, Kabupaten Blora,” ucap Amin Nasir.

Sedangkan Ketua Umum Kamaba Madura, Eko Cahyono berharap ketika nanti kembali ke kampung halaman, semua anggota harus mampu berkontribusi nyata dalam pembangunan di Blora.

Di hari kedua, seluruh anggota mengikuti senam dan outbound di reklamasi Sembilangan yang lokasinya tidak jauh dari penginapan. Permainan yang dikonsep oleh panitia bertujuan untuk mempererat kekeluargaan, di antaranya meniup tepung, memecahkan balon, mengambil air secara bergilir, dan masih banyak lagi.

Setelah outbound, seluruh anggota mengikuti materi kebudayaan yang disampaikan oleh Anwar, Gubernur Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Anwar, yang juga merupakan pegiat seni, menuturkan bahwa orang Blora harus bangga dilahirkan di kota tersebut.

“Kalian patut bangga terlahir di Blora. Kota yang melahirkan orang-orang hebat seperti Pramoedya Ananta Toer. Karyanya banyak diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa asing. Semoga kalian bisa menjadi orang-orang hebat seperti beliau,” terang Anwar dengan semangat.

Malam terakhir pengakraban ditutup dengan pentas seni dari masing-masing kelompok. Di antarnya ada yang menampilkan musikalisasi puisi, tari gambyong, dan gitar acoustic. Semua anggota Kamaba Madura melingkar dan menyanyikan lagu persahabatan sebelum tidur. Keesokan harinya, anggota baru di ikrar dalam acara apel penutupan. (wril | jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved