Home » , » Jambore Madrasah Rayakan Tahun Baru Islam di Todanan

Jambore Madrasah Rayakan Tahun Baru Islam di Todanan

infoblora.com on Sep 11, 2018 | 2:30 PM

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si selaku Kakwarcab menyerahkan tropi kepada perwakilan MTs Candi yang menjadi juara umum dalam Jambore Pramuka MTs se Kecamatan Todanan. (foto: dok-ib)
TODANAN. Dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah yang jatuh pada hari Selasa (11/9/2018), Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Todanan menyelenggarakan Jambore dengan kegiatan perkemahan Pramuka bersama yang diisi dengan berbagai lomba.

Bertempat di lapangan Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, jambore diikuti oleh tujuh MTs se Kecamatan Todanan selama tiga hari sejak Minggu (9/9/2018) hingga Selasa (11/9/2018). Selama tiga hari itu, dilaksanakan lomba antar regu dengan materi tentang sandi, tekpram, morse, semaphore, dragbar dan memasak.

Selain perlombaan, juga dilakukan pembacaan doa akhir tahun dan doa awal tahun secara bersama-sama tepat menjelang 1 Muharram 1440 Hijriyah.

Handika Rahman, salah satu pengurus Pramuka dari Kecamatan Todanan menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda kerja dari KKMTs Todanan sebagai wadah pembentukan karakter generasi muda melalui Kepramukaan sekaligus peningkatan Imtaq dalam momentum tahun baru Islam.

“Setelah melalui berbagai perlombaan selama perkemahan tiga hari, akhirnya diperoleh peserta terbaik dari MTs Candi yang menjadi juara umum dan menerima tropi saat upacara penutupan,” ucap Handika.

Wakil Bupati Blora, Kak H.Arief Rohman M.Si selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kakwarcab) Blora, yang hadir saat upacara penutupan, Selasa (11/9/2018), mengapresiasi kegiatan jambore yang dilaksanakan untuk memperingati tahun baru Islam.

“Pramuka di Kecamatan Todanan ini sangat aktif menggelar kegiatan. Tidak hanya sekolah negeri saja, namun sekolah swasta seperti halnya MTs ini juga aktif menggelar kegiatan Pramuka yang sangat bagus dalam mendukung pembentukan karakter anak didik,” ujar Kak Arief.

Kepada Camat Todanan, Kak Kiswoyo, selaku Mabiran, diminta oleh Kak Arief untuk terus memberikan dukungan terhadap kegiatan kepramukaan di Kecamatan Todanan. Karena menurutnya keaktifan pramuka di Todanan ini patut dijadikan teladan bagi Kwaran lainya.

Ia juga berpesan, melalui pramuka inilah nilai nilai kemandirian, nasionalisme dan kebangsaan terus ditanamkan. Sehingga sudah sepantasnya Pramuka menjadi garda terdepan dalam mempersatukan bangsa, karena pramuka adalah perekat NKRI. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved