Home » , » Event Platform Kebudayaan Indonesiana "Cerita dari Blora" Siap Digelar

Event Platform Kebudayaan Indonesiana "Cerita dari Blora" Siap Digelar

infoblora.com on Sep 4, 2018 | 10:46 PM

Rakor kesiapan pelaksanaan event platform kebudayaan Indonesiana "Cerita dari Blora" yang diselenggarakan oleh Dinporabudapar, Selasa (4/9/2018). (foto: dok-infoblora)
BLORA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Kebudayaan menunjuk Kabupaten Blora sebagai salah satu, dari sembilan daerah penyelenggara festival platform kebudayaan Indonesiana di tahun 2018 ini.

Dengan mengangkat judul besar “Cerita dari Blora”, festival platform kebudayaan di Kabupaten Blora ini akan dilaksanakan pada tanggal 12-15 September nanti dengan menampilkan berbagai kekayaan seni budaya yang tumbuh dan berkembang di wilayah timur Jawa Tengah ini.

Salah satu yang diangkat adalah budaya sastra, dimana Blora memiliki satu tokoh kesusastraan besar yang telah diakui dunia. Karyanya pun telah diterjemahkan ke berbagai bahasa di puluhan negara. Ia adalah Pramoedya Ananta Toer, sang sastrawan dunia asli Blora.

Selain kegiatan kesusastraan, platform kebudayaan Indonesiana “Cerita dari Blora” juga akan menampilkan potensi lainnya, seperti seni budaya Barongan Blora, Tayub, Pagelaran Singiran, Kidungan, Jedoran, Kentrung, Wayang Kurcil, Wayang Kulit, Seni Kriya Cungkil, hingga Ledhek Barangan, dengan sajian kuliner khas Blora.

Jadwal kegiatan kebudayaan yang dilaksanakan dalam event Indonesiana "Cerita dari Blora". (foto: dok-ib)
Sebagai wujud kesiapan acara, Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora telah melaksanakan rapat koordinasi dengan mengundang beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dan unsur kepanitiaan acara yang terdiri dari para praktisi kebudayaan di Kabupaten Blora.

Rapat dilangsungkan pada hari Selasa (4/9/2018) lalu di Ruang Rapat Asisten Setda Kabupaten Blora, dan dihadiri Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si mewakili Bupati Djoko Nugroho, dan Asisten 2 Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Slamet Pamudji SH, M.Hum.

“Blora telah dipercaya Kemendikbud sebagai penyelenggara Indonesiana karena dirasa memiliki potensi budaya yang kuat. Oleh karena itu, amanah ini agar dapat dilaksanakan dengan baik. Yang tujuannya untuk mengenalkan Kabupaten Blora dan ke depan agar bisa berkelanjutan,” ujar Wabup Arief Rohman.

Acara itu nantinya, kata Wabup, akan dihadiri langsung oleh Dirjen Kebudayaan. Sehingga waktu yang terus berjlan bisa lebih dioptimalkan untuk melakukan persiapan dan perencanaan yang baik dan matang. Dalam rangkaian acara itu nantinya juga akan dilakukan peletakan batu pertama rehab Rumah Pramoedya yang kini digunakan sebagai Perpustakaan Pataba.

“Agar bisa menarik banyak penonton dan peserta. Kami minta publikasinya melalui berbagai media yang sudah jalan agar terus digencarkan,” tandasnya.

Kepala Dinporabudpar, Drs. Kunto Aji menyampaikan bahwa opening ceremony acara “Cerita dari Blora” akan dilaksanakan pada tanggal 12 September dengan mengambil tempat di lapangan Landscape Kunden (eks lapangan golf). Sedangkan penutupan akan dihelat di Alun-alun Blora pada tanggal 15 September. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved