Home » , , » Deteksi Penyebaran HIV/AIDS, WTS Lokalisasi Todanan Diambil Darahnya

Deteksi Penyebaran HIV/AIDS, WTS Lokalisasi Todanan Diambil Darahnya

infoblora.com on Sep 11, 2018 | 1:00 PM

Petugas Puskesmas Todanan mengambil sampel darah WTS di lokalisasi Cumpleng, Todanan. (foto: dok-ib)

TODANAN. Guna mendeteksi dan mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora melalui UPT Puskesmas Todanan melaksanakan pemeriksaan kesehatan para Wanita Tuna Susila (WTS) yang tinggal di lokalisasi Cumpleng, Todanan, Senin (11/9/2018).

Setidaknya ada belasan WTS yang diperiksa kesehatannya dengan diambil sampel darahnya untuk pemeriksaan laboratorium, sebagai upaya deteksi dini HIV/AIDS. Secara bergantian, WTS diperiksa oleh petugas Puskesmas Todanan setelah dikumpulkan di salah satu rumah.

Salah satu petugas Puskesmas Todanan, Adminingsih A, M.Kes menyampaikan bahwa selain tes darah, para WTS juga diperiksa kesehatan kelaminnya. Karena menurutnya penghuni lokalisasi sangat rentan terjangkit penyalit kelamin dan HIV/AIDS.

Belasan WTS menerima penyuluhan bahaya narkoba dan kamtibmas dari Polsek Todanan. (foto: dok-ib)
“Ada sembilan belas WTS yang kami ambil darahnya dan diperiksa kesehatan tubuhnya. Hasilnya akan kami sampaikan secara personal sehingga lebih nyaman dan mereka bisa menjaga kesehatan diri sendiri,” ucap Adminingsih.

Kegiatan pemeriksaan darah dan kesehatan seperti ini menurutnya merupakan agenda berkala yang dilakukan hampir setiap bulan agar deteksi dini potensi penyakit kelamin dan HIV/AIDS bisa dilakukan.

Selain diperiksa kesehatannya, para WTS ini juga diberikan pembekalan bahaya narkoba serta materi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dari Polsek Todanan.

“Penghuni lokalisasi juga sangat rentan terjangkit jaringan narkoba, maka kami harap bisa pro aktif melaporkan kondisi lingkungan ketika ada orang asing yang mencurigakan hendak mengedarkan narkotika,” jelas Kapolsek Todanan AKP Siswanto, usai pemeriksaan kesehatan WTS. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved