Home » , » Bupati Optimis Proyek SPAM Akhir Tahun Nanti Selesai

Bupati Optimis Proyek SPAM Akhir Tahun Nanti Selesai

infoblora.com on Sep 26, 2018 | 4:00 PM

Bupati Djoko Nugroho optimis SPAM akan selesai pada akhir tahun ini dan segera dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. (foto: dok-ib)

BLORA. Bupati Blora, Djoko Nugroho optimis pengerjaan proyek Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) yang sempat molor akan selesai pada akhir tahun 2018 ini dan segera dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Blora. Hal itu ia sampaikan di hadapan anggota dewan dalam rapat paripurna DPRD Blora dengan agenda Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi, Rabu (26/9/2018).

“Proyek SPAM ini adalah proyek nasional terbesar yang pernah ada di Kabupaten Blora dengan nilai ratusan miliar. Dikerjakan sejak 2015 hingga sekarang, dan diharapkan bisa mulai dioperasikan pada akhir tahun nanti,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, proyek itu dikerjakan negara melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum. Dimana air Sungai Bengawan Solo disedot dan diolah menjadi air bersih untuk kemudian disalurkan melalui pipa besar yang ditimbun dibawah tanah menuju Kota Blora.

Berdasarkan data yang ada proyek ini memang dikerjakan mulai 2015 lalu dengan anggaran sebesar Rp 135 miliar. Namun hingga kini belum bisa beroperasi karena beberapa bulan lalu terjadi kerusakan, dimana bangunan intake nya ambrol ketika akan dilakukan uji coba, Senin (2/7/2018).

Pasca ambrolnya bangunan intake tersebut, kini pihak pelaksana proyek terus melakukan pembenahan agar bisa segera dioperasikan untuk mengaliri air bersih kepada ribuan KK mulai dari Kecamatan Cepu, Sambong, Jiken, Jepon hingga Blora Kota. 

Diketahui bersama, Kabupaten Blora selalu mengalami kekeringan dan krisis air bersih ketika musim kemarau datang. Sehingga keberadaan SPAM ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved