Home » , » Barongan Risang Guntur Seto Bakal Meriahkan Event Indonesiana "Cerita dari Blora"

Barongan Risang Guntur Seto Bakal Meriahkan Event Indonesiana "Cerita dari Blora"

infoblora.com on Sep 8, 2018 | 11:00 PM

Event platfrom kebudayaan Indonesiana "Cerita dari Blora" bakal menampilkan Pentas Barongan Blora yang salah satunya menyajikan Paguyuban Barongan Risang Guntur Seto, selain enam peguyuban lainnya. (foto: dok-tap)
BLORA. Setelah sukses pentas menghibur warga Kecamatan Cepu dan sekitarnya pada Sabtu (8/9/2018) di Tuk Buntung, paguyuban kesenian Barongan Blora “Risang Guntur Seto” yang dipimpin Bapak Adi Wibowo bakal kembali tampil dalam event nasional sekelas Indonesiana 2018 “Cerita dari Blora”.

Paguyuban Seni Barongan Blora yang bermarkas di Kelurahan Kunden ini bakal ikut mengisi event platform kebudayaan Indonesiana “Cerita dari Blora” yang digagas Ditjen Kebudayaan, Kemdikbud RI mulai 12-15 September 2018 nanti di Blora.

Adi Wibowo yang lebih akrab dikenal sebagai Mas Didik Barongan ini menyatakan, bahwa pihaknya diminta untuk tampil bersama beberapa paguyuban barongan lainnya dari berbagai wilayah Blora untuk memeriahkan salah satu acara dalam rangkaian event Indonesiana.

“Kami rencananya akan tampil dalam acara pembukaan Cerita dari Blora pada tanggal 12 September malam di lapangan golf Kunden. Selain itu juga ada acara khusus pentas barongan Blora yang akan menampilkan tujuh paguyuban seni barongan pada hari Sabtu nya, 15 September 2018,” jelas Mas Didik.

Ketujuh paguyuban yang akan pentas itu diantaranya :
  1. Paguyuban Barongan “Gogor Mustiko Budoyo” dari Desa Jepangrejo
  2. Paguyuban Barongan “Widya Manggala” dari Kecamatan Todanan
  3. Paguyuban Barongan “Waringin Seto Kumbang Joyo” dari Patinan, Jepon
  4. Paguyuban Barongan “Singo Madhu Joyo” dari Desa Wotbakah, Japah
  5. Paguyuban Barongan “Sardulo Seto” dari Kadengan, Kamolan
  6. Paguyuban Barongan “Taruno Adi Joyo” dari Tempellemahbang, Jepon
  7. Paguyuban Barongan “Risang Guntur Seto” dari Kunden, Blora
Ketujuh paguyuban itu akan mengisi salah satu rangkaian acara Cerita dari Blora yang berjudul “Pagelaran Seni Barongan Blora”. Akan berlangsung Sabtu, 15 September 2018 mulai 09.00 WIB di Alun-alun Blora.

“Sebagai upaya kesiapannya, kami telah melakukan latihan bersama dengan paguyuban lainnya di Omah RGS yang ada di Kunden. Mohon doanya semoga besok bisa tampil maksimal dan membuat kesenian khas Blora ini semakin dikenal serta dicintai masyarakatnya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, program atau event platform kebudayaan Indonesiana “Cerita dari Blora” yang akan berlangsung selama 4 hari mulai 12-15 September ini bakal mengangkat dan menampilkan beragam potensi budaya Blora, salah satunya adalah barongan. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved