Home » , » Tempuh Puluhan Kilometer, ETK Gerakan Pramuka Kwarcab Blora Sukses Digelar

Tempuh Puluhan Kilometer, ETK Gerakan Pramuka Kwarcab Blora Sukses Digelar

infoblora.com on Aug 26, 2018 | 11:37 AM

Pasukan ETK berangkat dari eks lapangan golf Blora dengan membawa tunas kelapa di punggungnya. (foto: teguh)
BLORA. Dalam rangka Hari Pramuka ke 57 tahun 2018 ini, Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Blora kembali mengikuti dan melaksanakan kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah.

Diselenggarakan selama dua hari sejak Sabtu (25/8/2018) hingga Minggu (26/8/2018), pelaksanaan ETK di Kabupaten Blora sukses digelar dengan menempuh jarak puluhan kilometer dari pusat Kota hingga perbatasan Kabupaten Pati yang ada di Kecamatan Todanan.

Pemberangkatan ETK dilakukan dari area perkemahan Pramuka yang digelar di eks lapangan golf, Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora dalam sebuah upacara dengan pembina Ka Kwarcab Kak H Arief Rohman M.Si yang tidak lain Wakil Bupati Blora. Yang mana dalam amanatnya, ia membacakan pesan dan kesan Gubernur Jateng untuk kegiatan ETK.

“Kami mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Estafet Tunas Kelapa tahun 2018 ini. Kegiatan Estafet Tunas Kelapa harus tetap dijaga dan dilestarikan sebagai wujud memasyarakatkan gerakan Pramuka,” ucapnya.

Ia juga meminta kepada Pramuka untuk menggelorakan semangat anti narkoba. Jadikan darma Pramuka sebagai pedoman yaitu suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

“Teguhkan dan kokohkan semangat cinta tanah air dan bangsa, Sebagai generasi penerus manfaatkan usia muda sebaik-baiknya, Teruskan berkreasi dan berkarya,” lanjutnya.

Usai dilepas, pasukan ETK yang terdiri dari pembawa bendera merah putih, pembawa pataka, pembawa tunas kelapa dan tim kesenian mulai berjalan mengikuti rute yang telah ditetapkan. Dari titik start lapangan golf menuju finish di SDN 2 Sukorejo Kecamatan Tunjungan dengan jarak tempuh 4,2 km.

Timbang terima ETK dari Kwaran Blora Kota kepada Kwaran Tunjungan di depan SDN 2 Sukorejo. (foto: dok-ib)
Berlanjut dari SDN 2 Sukorejo Kecamatan Tunjungan dilanjutkan menuju finish di Lapangan Desa Kalangan Kecamatan Tunjungan, jarak tempuh 3,5 km. Kemudian dari start Lapangan Desa Kalangan Kecamatan Tunjungan dilanjutkan menuju finish di SDN Bogorejo Kecamatan Japah dengan jarak tempuh 2,5 km.

Dari start SDN Bogorejo Kecamatan Japah menuju Pertigaan Padaan Kecamatan Japah dengan jarak tempuh 4 km. Selanjutnya dari Pertigaan Padaan Kecamatan Japah menempuh jarak 5 km menuju finish di jembatan Dologan Kecamatan Japah.

Dilanjutkan dari jembatan Dologan Kecamatan Japah Tim ETK melanjutkan perjalanan menuju desa Gunungan Kecamatan Todanan dengan jarak tempuh 4,5 km. Berikutnya dari desa Gunungan Kecamatan Todanan menuju SMK Kozinatul Ulum Kecamatan Todanan menempuh jarak 4,7 km.

Dari titik start menuju finish, masing-masing dilaksanakan timbang terima antar etape dan kwartir ranting. Sedangkan di SMK Kozinatul Ulum Kecamatan Todanan merupakan tempat persemayaman ETK serta penyelenggaraan sarasehan.

Pada hari kedua, Minggu (26/8) perjalanan ETK dilanjutkan dari SMK Kozinatul Ulum Kecamatan Todanan menuju MTs Candi dengan jarak tempuh 3,6 km kemudian menuju Kwarran Pucakwangi berjarak tempuh 3,6 km. Sepanjang jalan yang dilalui ETK, ribuan anggota Pramuka dari berbagai pangkalan atau sekolah tampak antusias menyambut barisan.

Setiba di Pucakwangi setelah menempuh jarak 37,4 kilometer, dilaksanakan timbang terima dari Kwarcab Blora kepada Kwarcab Pati. Anggota Majelis Pembimbing Cabang Kabupaten Blora Letkol Inf Ryzaldy Syahrazzy Themba, S.Sos menyerahkan tunas kelapa kepada penerima Mabicab Pati Letkol Arm Arif Darmawan S,Sos, MM untuk dilanjutkan perjalanannya.

Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Blora, Slamet Pamuji, SH, M.Hum mengemukakan bahwa ETK ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan Kwartir Daerah Jawa Tengah dan Kwartir Cabang.

“ETK diselenggarakan dengan maksud untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, meningkatkan pembinaan khususnya pada anggota Gerakan Pramuka Jawa Tengah serta dalam rangka menyemarakkan 57 Tahun Gerakan Pramuka di Kabupaten Blora.
Estafet Tunas Kelapa Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2018 menyusung tema “Pramuka Perekat NKRI” dan motto “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”,” jelasnya. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved