Home » , » Soreng Lodra SMKN 1 Blora Bakal Meriahkan Parade Seni Budaya Jateng 2018

Soreng Lodra SMKN 1 Blora Bakal Meriahkan Parade Seni Budaya Jateng 2018

infoblora.com on Aug 20, 2018 | 12:00 PM

Peralatan Tari Soreng Lodra dari SMK Negeri 1 Blora telah disiapkan untuk memeriahkan Parade Seni Budaya Jawa Tengah nanti malam. (foto: istimewa)
BLORA. Tari kolosal “Soreng Lodra” yang dimainkan oleh pelajar SMK Negeri 1 Blora malam nanti bakal memeriahkan Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2018. Acara yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke 68 ini akan dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Pemalang.

Rombongan “Soreng Lodra” telah berangkat dari Blora sejak Minggu (19/8/2018) kemarin. Tidak hanya penari saja, namun sejumlah perangkat dan kostum tarian juga diangkut menggunakan truk. Musik yang rancak dan gerak yang kompak bakal disajikan para pelajar SMK ini guna mengharumkan nama baik Kabupaten Blora.

Mereka akan bersaing menyuguhkan yang terbaik bersama 34 kontingen dari Kabupaten/Kota lainnya se Jawa Tengah. Menurut rencana, acara akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo SH, MIP.

Warsidi selaku penata gerak dan musik, menjelaskan bahwa tari “Soreng Lodra” ini terinspirasi dari tokoh Jaka Lodra atau Gendruwon yang ada di dalam pertunjukan Seni Barongan Blora.

“Soreng sendiri adalah sosok prajurit yang gagah berani. Sehingga Soreng Lodra adalah tarian massal Jaka Lodra yang tampil gagah berani. Puluhan topeng gendruwonan yang biasa tampil dalam seni barongan sudah kami boyong ke Pemalang,” ucapnya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji membenarkan bahwa malam nanti Blora akan diwakili oleh kesenian dari SMKN 1.

“Mohon doa dan dukungannya, semoga delegasi kesenian Kabupaten Blora yang dimainkan oleh pelajar SMKN 1 nanti bisa tampil bagus dan memperoleh predikat juara. Ini sekaligus untuk mempromosikan potensi seni budaya Kabupaten Blora di level Jawa Tengah,” ucapnya.

Selama mengikuti Parade Seni Budaya Jawa Tengah, Kabupaten Blora dalam beberapa tahun terakhir selalu mendapatkan predikat juara. Tahun 2014 Blora memperoleh Juara 1 dengan tampilan Barong Thong Cring, 2015 memperoleh Juara 2 dengan tampilan tari Ringkik Gidrang.

Pada tahun 2016 memperoleh Juara Favorit dengan tampilan tari Sawung Tladung. Sedangkan tahun 2017 lalu di Jepara, Blora meraih Juara kedua dengan tari Blandong Blothong. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved