Home » , , » Pilgub di Blora Berjalan Lancar, Sedulur Sikep Nyoblos Pakai Pakaian Adat

Pilgub di Blora Berjalan Lancar, Sedulur Sikep Nyoblos Pakai Pakaian Adat

infoblora.com on Jun 27, 2018 | 9:13 AM

Tokoh sedulur sikep, Mbah Lasiyo dan istrinya keluar dari TPS 02 setelah menyoblos calon gubernur pilihannya. (foto: teguh)
BLORA. Pelaksanaan Pesta Demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 di Kabupaten Blora, Rabu (27/6/2018) berjalan aman dan lancar. Tidak hanya warga biasa saja yang ikut menyalurkan suaranya dengan cara menyoblos, namun sedulur sikep (samin) yang dikenal sebagai komunitas tradisional juga ikut nyoblos ke TPS.

Seperti yang ada di TPS 02 Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, tampak sedulur sikep keturunan Mbah Samin Engkrek datang untuk ikut menyoblos calon Gubernur dan Wakilnya dengan memakai pakaian adat mereka yang serba hitam.

Diantaranya Mbah Lasiyo, beserta istrinya, Waini, dan kerabatnya yang hadir ke TPS 02 setelah menyelesaikan kegiatan pagi di tegal / sawah.

“Kami ini juga warga negara, dapat undangan untuk nyoblos ya datang. Masak diundang tidak datang,” ucap Mbah Lasiyo dengan singkat.

Ketika ditanyai siapa yang dicoblos, ia enggan mengutarakannya. Namun ia sudah tahu ada dua pasangan calon yang mengikuti Pilgub Jawa Tengah 2018 ini.

“Yang saya tahu, ada Pak Ganjar dan wakilnya, sedangkan satunya Pak Sudirman Said. Semoga nanti siapapun yang jadi bisa amanah dan mengayomi seluruh masyarakat,” lanjutnya.

Begitu juga dengan sedulur sikep yang ada di Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong. Sedulur sikep yang diketuai oleh Mbah Pramugi ini menyoblos di TPS 02 Desa Sambongrejo.

“Kami sedulur sikep ikut nyengkuyung kesuksesan Pilgub Jawa Tengah 2018. Sebagai warga negara yang baik, kami selalu datang untuk ikut memberikan suara ketika ada pemilihan umum. Kalau memang tidak ada halangan, jangan sampai golput,” ungkap Mbah Pramugi. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved