Home » , , » Pelajar SMA Diajari Bermedia Sosial yang Baik

Pelajar SMA Diajari Bermedia Sosial yang Baik

infoblora.com on May 5, 2018 | 9:49 AM

Pelajar SMA Negeri 1 Tunjungan diberikan pemahaman tentang cara bijak bermedia sosial oleh Sat Binmas Polres Blora. (foto: dok-resbla)
BLORA. Penyebarluasan informasi melalui media sosial, baik yang positif ataupun negatif di era teknologi sekarang ini semakin mudah, cepat dan dapat akses kapanpun, siapapun, dan dimanapun. Tak terkecuali para pelajar yang kini sudah banyak bermedia sosial, sehingga rentan akan konsumsi berita-berita yang belum tentu jelas kebenarannya dan berpotensi menebarkan kebencian.

Menyikapi hal itu, jajaran Sat Binmas Polres Blora gencar melakukan pembinaan dan sosialisasi tentang cara bijak bermedia sosial kepada kalangan pelajar. Tidak hanya itu saja, pemahaman-pemahaman hukum yang menyangkut di dalamnya juga disosialisasikan demi terjaganya kamtibmas dalam berdunia maya.

Seperti yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tunjungan, Blora beberapa hari lalu. Tepatnya hari Jumat (4/5/2018), puluhan pelajar kelas X dikumpulkan di dalam musholla dan diberikan pemahaman tentang pentingnya bermedia sosial yang sehat dan aman.

Penyuluhan disampaikan oleh Kaur Bin Ops Sat Binmas Polres Blora Iptu Tejo Utomo bersama 3 anggotanya Aiptu Ghozali, Aiptu Murdiman dan Bripka Moh Toha.

“Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kami buka dengan pengenalan terhadap bahaya penyalahgunaan Narkoba dan cara menyikapi pemberitaan yang tidak benar atau berita hoax yang dapat menimbulkan stigma negative dan provokatif,” ungkap Iptu Tejo Utomo.

Selain itu Iptu Tejo Utomo juga mengingatkan kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Tunjungan tentang bermedia sosial yang bijak dan santun terkait penerapan UU ITE. Bahwa sekarang ini sudah jamannya media elektronik yang sangat canggih yang dapat diakses dimanapun, kapanpun dan dimana saja dengan sangat mudah, sehingga berita apapun akan mudah tersebar melalui media sosial.

“Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik adalah ketentuan yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia. Sehingga dalam bermedia sosial juga harus memperhatikan etika,” terang Iptu Tejo.

Disampaikan olehnya, bahwa penggunaan media social harus bijak dan arif karena apabila dalam penggunaan yang tidak baik biasa di pidanakan sesuai dengan kapasitas tindakan sesuai UU ITE.

“Saya berharap kepada para pelajar agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Karena media sosial disamping bermanfaat untuk menambah teman juga wawasan, namun bisa berdampak negatif bila disalahgunakan,” pungkasnya.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB itu diikuti oleh pelajar kelas X sejumlah 118 siswa. Mereka tampak antusias selama acara berlangsung, begitu juga saat sesi tanya jawab. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved