Blora on News :
Home » , , » Kreatif, Warga Desa Mojorembun Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Minyak

Kreatif, Warga Desa Mojorembun Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Minyak

infoblora.com on May 3, 2018 | 10:30 AM

Parjan sedang memproses sampah plastik menjadi minyak menggunakan alat sederhana yang ia ciptakan. Tampak perlahan minyak keluar dan dituang ke dalam botol air mineral. (foto: dok-teg)
BLORA. Banyaknya limbah plastik yang berceceran dan sering kali menjadi permasalahan lingkungan, membuat warga Desa Mojorembun, Kecamatan Kradenan ini mencoba berkreasi dan berinovasi. Sampah plastik yang ada di sekitar lingkungannya dicoba dikumpulkan dan diolah dengan alat sederhana yang diciptakan sendiri menjadi sebuah bahan bakar minyak.

Ia adalah Parjan, pria berusia 37 tahun yang berhasil membuat minyak dari sampah plastik, dimana minyak tersebut bisa difungsikan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor layaknya bensin atau premuim.

Saat ditemui di rumahnya, Selasa (1/5/2018), Parjan menceritakan bagaimana awal mula timbulnya ide mengolah sampah plastik menjadi minyak. Menurutnya inovasi ini muncul ketika ia prihatin melihat banyaknya sampah plastik tak terurus dan ingin memanfaatkannya menjadi barang yang lebih berguna.

“Sampah masih menjadi permasalahan utama hingga saat ini, banyak sampah plastik setiap harinya dan binggung untuk mengatasinya. Jadi saya mencoba untuk mengolahnya,” ucap Parjan.


Minyak yang dihasilkan dicoba untuk menghidupkan mesin sepeda motor dan hasilnya bisa menyala. (foto: dok-teg)
Menurutnya dalam mengolah sampah untuk dijadikan bahan bakar minyak ini, ia rela mengumpulkan sampah plastik di sekitar rumahnya untuk dipilah dan mengolahnya untuk dijadikan bahan bakar minyak. Ia membuat alat sederhana untuk membakar plastik serupa dengan penyulingan minyak.

“Satu kilogram sampah plastik saya coba menghasilkan ¾ liter bahan bakar, dan saya coba di kendaraan juga bisa jalan,” ujarnya.

Parjan mengaku, inovasinya ini mulai ia tekuni sejak satu bulan yang lalu. Dengan memanfaatkan limbah plastik di sekitar rumahnya, kini bisa menghemat bahan bakar kendaraan.

“Sempat mencoba 80 kg mendapat 15 liter, namun ini masih perlu perbaikan alat lagi, tapi untuk bahan bakar kendaraan sudah bisa,” ungkapnya.

Kedepan, lanjut Parjan, ia ingin mengembangkan inovasi ini agar lebih baik lagi, sehingga menjadi solusi untuk mengurangi penumpukan sampah plastik yang hingga saat ini terjadi.

“ Kedepan saya ingin menguji hasil ini ke laboratorium, apakah layak untuk dikembangkan apa tidak. Jika bisa, harapannya sampah plastik yang menumpuk bisa terurai dan bisa mengurangi pencemaran lingkungan,” lanjut Parjan.

Kepala Desa Mojorembun, Saefudin Zuhri, sangat mengapresiasi inovasi yang di lakukan warganya itu. Menurutnya hal ini tentu akan menjadikan solusi untuk mengurangi menumpuknya sampah di Desa Mojorembun dan sekitarnya.

“Dari pihak desa sangat mengapresiasi, bahkan rencananya kami juga akan membuat bank sampah yang nantinya bisa disenergikan dan dikembangkan menjadi bahan bernilai jual,” ucapnya.

Tak hanya memanfaatkan sampah plastik, pihak desa juga berencana untuk mengolah limbah limbah rumah tangga lainnya untuk di daur ulang .

“Limbah rumah tangga nantinya akan kami pilah sesuai jenisnya , sehingga bisa di daur ulang kembali,” terangnya. (teg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

PIALA DANDIM 0721/BLORA

PIALA DANDIM 0721/BLORA
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved