Home » , » Kapolda Jateng Ajak Warga Blora Pahami Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan

Kapolda Jateng Ajak Warga Blora Pahami Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan

infoblora.com on May 12, 2018 | 3:30 PM

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono (tengah, pakai syal) diapit jajaran Forkopimda Blora dan para santri, mengajak seluruh masyarakat memahami pentingnya 4 pilar kebangsaan untuk menjaga keutuhan NKRI. (foto: dok-ib)
BLORA. Hadir di Kabupaten Blora untuk mengisi acara Seminar, Rakorwil sekaligus Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Pondok Pesantren Indonesia (IPI) Provinsi Jawa Tengah, Irjen Polisi Condro Kirono mengajak seluruh warga untuk memahami pentingnya empat pilar kebangsaan demi keutuhan NKRI.

Bertempat di Pondok Pesantren Miftahul Amal, Desa Jiworejo Kecamatan Jiken, Sabtu (12/5/2018), ia menjelaskan makna empat pilar kebangsaan yang wajib untuk terus dijaga dan dijalankan agar NKRI bisa terus berdiri dan tahan dari rongrongan radikalisme serta terorisme.

“Kita semua perlu memahami Empat Pilar Kebangsaan yaitu, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945. Kalau meminjam istilah KH Maimun Zubair, bisa disingkat menjadi PBNU,” ujarnya.

Dengan didampingi Bupati Djoko Nugroho, Kapolres AKBP Saptono SIK, MH dan jajaran Forkopimda Kabupaten Blora, Irjen Pol Condro Kirono menjelaskan bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa, sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yang wajib dan mutlak untuk dianut.

Kemudian ada Bhineka Tunggal Ika, sebagai alat perekat pemersatu berbagai suku, budaya, bahasa, ras, agama.

“Perlu diingat bahwa berdirinya negara ini adalah peran dari seluruh komponen bangsa. Termasuk santri, TNI, pemuda-pemuda, yang beragama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha ikut mendirikan negara ini. Sehingga Bhineka Tunggal Ika sebagai alat perekat dan pemersatu,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Condro Kirono juga mengatakan bahwa UUD 1945 merupakan konstitusi, dan NKRI merupakan rumah besar yang harus dijaga dan dibela terus keutuhannya.

Menyinggung soal Pilkada Jawa Tengah, Condro Kirono berharap warga masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik untuk memilih pemimpinnya.

Adapun, Bupati Blora, Djoko Nugroho mengatakan bahwa kondisi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Blora sangat baik dan aman.

“Pak Condro, Alhamdulillah Kabupaten Blora kondusif dan aman. Bahkan saking amannya malah tidak terasa kalau sebentar lagi akan ada Pilkada Gubernur Jawa Tengah,” ujar Djoko Nugroho yang diikuti tepuk tangan hadirin.

Pada acara yang dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Blora ini juga diberikan bantuan berupa alat olahraga dan Kitab Suci Al-Qur’an kepada Ponpes Miftahul Amal oleh Kapolda Jawa Tengah didampingi oleh Bupati Blora, Plt. Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Jateng dan Direktur Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya Kementerian Dalam Negeri, Drs. Lutfi TMA, M.Si. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved