Home » , » Selamat, Hanif dan Khoirunnisa Terpilih Jadi Duta Wisata Kab.Blora 2018

Selamat, Hanif dan Khoirunnisa Terpilih Jadi Duta Wisata Kab.Blora 2018

infoblora.com on Apr 28, 2018 | 11:30 PM

Hanif dan Khoirun Nisa menerima piala kemenangan setelah terpilih sebagai Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2018, Sabtu malam (28/4/2018). (foto: dok-ib)
BLORA. Setelah menjalan beberapa tahapan seleksi dan karantina, akhirnya ajang pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2018 memasuki babak grand final pada Sabtu malam, (28/4/2018), dan menempatkan Hanif Nurrifqi serta Khoirun Nisa sebagai pemenangnya.

Keduanya dinilai memiliki keunggulan dalam hal pengetahuan kepariwisataan, konsep promosi dan berbakat dalam seni budaya. Dalam unjuk bakat, Hanif Nurrifqi yang tampil dengan mengenakan batik tulis Blora karya Nimas Barokah Beran ini sangat fasih mempertunjukkan kemampuannya dalam mendalang. Tanpa kesulitan, ia dengan lancar melakonkan wayang dengan bahasa jawa.

Sedangkan Khoirun Nisa, gadis asal SMK Negeri 2 Blora ini dengan lemat lembut dan energik mempertunjukkan tari kipas di hadapan para juri dan para tamu undangan yang malam itu memadati halaman depan Pasar Rakyat Sido Makmur Blora. Keduanya juga tampak percaya diri dan lancar dalam menjawab pertanyaan dari dewan juri saat sesi pertanyaan dilontarkan.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji menyampaikan para peserta pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata telah mengikuti sejumlah tahapan seperti seleksi administrasi, psikotes, tes tertulis dan karantina selama tiga hari.

“Dalam karantina diawali kunjungan lapangan di tiga titik destinasi wisata, yang pertama di Kampung Durian dan Cemara 7, Kecamatan Tunjungan. Lantas di Kampung Samin Sambongrejo, Kecamatan Sambong. Di kampung kerajinan keramik desa Balong, Kecamatan Jepon dan di makam Sunan Pojok, Kecamatan Blora,” jelas Kunto Aji

Selanjutnya, peserta pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora dilaksanakan unji talenta di taman Tirtonadi Reborn Blora. Kemudian dilaksanakan tes di gedung Sasana Bhakti Blora.

“Dan Sabtu malam dilaksanakan malam puncak grand final pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata tahun 2018,” ujarnya.

Kejuaraannya, lanjut Kunto Aji, terdiri sepuluh pasang yang akan dipilih meliputi juara I,II dan III. Harapan I,II,III. Selanjutnya katagori intelegensia dan penampilan terbaik, berbahasa Jawa terbaik, dan katagori favorit. Jumlah peserta adalah 20 pasangan atau 40 orang grand finalis.

“Juara terpilih nomor I, Kakang Mbakyu Duta Wisata Kab. Blora akan dinobatkan sebagai duta wisata Kabupaten Blora 2018, dan akan mengikuti ajang pemilihan tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang rencananya dilaksanakan pada 25 Oktober 2018 di kota Pekalongan,” jelasnya.

Wakil Bupati Arief Rohman mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan generasi muda yang berkualitas. Yaitu generasi muda yang kreatif, inovatif dan mempunyai wawasan pengetahuan yang luas.

“Melalui pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora, kami berharap dapat mencetak generasi muda Kabupaten Blora yang berani bersaing dalam era globalisasi. Berpengetahuan luas, luwes dalam berkepribadian maupun berpenampilan serta mampu mengembangkan diri secara progresif utamanya dalam bidang kepariwisataan,” kata Arief Rohman.

Siapapun yang terpilih nantinya, menurut Arief Rohman, akan mempunyai tanggung jawab yang besar sebagai duta wisata, yaitu untuk mempromosikan aset dan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Blora.

Adapun daftar lengkap pemenang Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora 2018 adalah sebagai berikut :

KAKANG BLORA 2018
Juara I : Hanif Nurrifqi dari SMA Negeri 1 Randublatung
Juara II : Hilalli Fahrian dari SMA Negeri 1 Blora
Juara III : Dewangga Nurizal dari SMK Negeri 1 Blora
Juara Harapan I : David Mahendrata S dari SMA Negeri 1 Blora
Juara Harapan II : Freza Rengga dari masyarakat umum, status Mahasiswa Undip Semarang
Juara Harapan II : Dendi Wahyu Pratama dari SMK Negeri 1 Blora
Kakang Intelegensia : Risang Bagus Adi Pratama dari SMA Negeri 1 Cepu
Kakang Berbahasa Jawa Terbaik : Ananda Ilham dari SMA Negeri 1 Randublatung
Kakang Berpenampilan Terbaik : Riyan Wahyu dari SMA Negeri 1 Randublatung
Kakang Terfavorit : Mukti Tri Prasetyo dari SMA Negeri 1 Jepon

MBAKYU BLORA 2018 :
Juara I : Khoirun Nisa dari SMK Negeri 2 Blora
Juara II : Fatikah MH dari SMA Negeri 1 Randublatung
Juara III : Laurensia Sherlyn Tania dari SMA Negeri 1 Cepu
Juara Harapan I : Saumita Ngesti dari SMA Negeri 1 Blora
Juara Harapan II : Alvina Wanda dari SMA Negeri 1 Tunjungan
Juara Harapan III : Karenina Putri dari SMA Negeri 1 Tunjungan
Mbakyu Intelegensia : Fitriana Nur Rochmi dari masyarakat umum
Mbakyu Berbahasa Jawa Terbaik : Safira Maura Aldira dari SMA Negeri 1 Cepu
Mbakyu Berpenampilan Terbaik : Delisa Kais Laila dari SMA Negeri 1 Randublatung
Mbakyu Terfavorit : Allifia Zahra N dari SMA Negeri 1 Blora.

(res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved