Blora on News :
Home » , , » Puluhan Ibu Hamil di Kecamatan Japah Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Puluhan Ibu Hamil di Kecamatan Japah Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

infoblora.com on Apr 5, 2018 | 9:00 AM

Pemeriksaan Ibu Hamil secara gratis di Puskesmas Japah, Rabu (4/4/2018), dalam rangka menyambut Hari Kartini ke 139. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Pagi itu, Rabu (4/4/2018), halaman Puskesmas Japah dipenuhi antrian ibu-ibu hamil. Mereka datang untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis. Satu persatu, para ibu hamil dipersilahkan naik ke atas tempat tidur untuk diperiksa oleh dokter tentang kondisi kehamilannya. Selain itu, mereka juga diperiksa tekanan darahnya serta diberikan bantuan sosial berupa sembako secara cuma-cuma.

Salah satu ibu hamil, Siti mengaku senang bisa mengikuti pemeriksaan kehamilan secara gratis. Menurutnya acara ini sangat memberikan manfaat bagi para ibu hamil yang kondisi ekonominya menengah ke bawah.

Terimakasih, tadi sudah diperiksa dan diberi sembako gratis. Dengan pemeriksaan ini kita jadi lebih paham apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan,” ujarnya.

Camat Japah, Minar Ami Bin Sarno S.Sos, MM mengatakan bahwa pelayanan kesehatan gratis untuk ibu hamil ini dilaksanakan oleh Penitia Peringatan Hari Kartini ke 139 tingkat Kabupaten Blora yang merupakan kerjasama dari Tim Penggerak PKK Kabupaten, Dinas Sosial dan P3A, Dinas Kesehatan, dan organisai wanita lainnya.

Pemberian sembako kepada ibu hamil oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, usai mengikuti pemeriksaan kehamilan. (foto: dok-infoblora)
Menurutnya, dipilihnya Kecamatan Japah menjadi sasaran kegiatan ini karena masih ada angka kematian ibu dan bayi hingga tahun 2018.

“Di tahun 2017 di Kecamatan Japah kematian bayi sebanyak 4 anak. Sedangkan di tahun 2018 ini ada 3 anak yang meninggal. Sedangkan untuk ibu yang meninggal pada 2017 ada 3 orang, sedangkan anaknya selamat,” papar Minar Ami.

Sehingga dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis bagi ibu hamil ini diharapkan bisa mengurangi angka kematian ibu dan anak.

Kami lakukan pendampingan kepada 60 orang ibu hamil yang memiliki resiko tinggi saat melahirkan. Dengan harapan saat melahirkan nanti ibu dan anak bisa selamat,” terangnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum yang juga istri Bupati Djoko Nugroho, hadir langsung dalam kegiatan tersebut. Ia berpesan kepada para ibu-ibu hamil untuk senantiasa memeriksakan janinnya secara berkala guna mengontrol kondisi kesehatan si jabang bayi, serta menunda kehamilan dini.

Kami himbau kepada kaum perempuan untuk tidak terburu-buru nikah muda. Karena ketika umur masih terlalu muda, maka rahim belum siap untuk dibuahi. Jika dipaksakan, bukan tidak mungkin kesehatan bayi yang dikandung tidak bisa berlangsung dengan baik. Tadi ada yang usia masih muda, tentu itu bahaya. Oleh sebab itu perlu adanya pendampingan serta pemahaman kepada masyarakat,” terang Umi Kulsum.

Selain pemeriksaan ibu hamil, menyambut Hari Kartini 2018 nanti menurutnya sejumlah kegiatan sosial juga akan dilaksanakan. Semuanya merupakan wujud kepedulian ibu-ibu di Blora untuk sesama agar tetap menjaga kesehatan. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

AFK CHAMPIONSHIP

AFK CHAMPIONSHIP
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved