Home » , , » Kampanyekan Gemar Makan Ikan Lewat Mancing Mania Bersama Ribuan Wanita

Kampanyekan Gemar Makan Ikan Lewat Mancing Mania Bersama Ribuan Wanita

infoblora.com on Apr 14, 2018 | 8:00 PM

Ribuan wanita memancing bersama di Embung Rowo Karangjati sebagai wujud mengampanyekan gerakan makan ikan. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Masih rendahnya angka konsumsi ikan di Kabupaten Blora menjadi perhatian khusus Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Dinas Peternakan dan Perikanan Blora bersama Gabungan Organisasi Wanita se Blora. Sebagai upaya untuk meningkatkannya, dilakukan berbagai terobosan agar ibu-ibu yang menjadi kendali pembuatan menu makanan di rumah sering memilih ikan sebagai lauk sehari-hari.

Salah satunya dengan menggelar acara mancing mania gratis khusus untuk wanita yang dilaksanakan di Embung Rowo Kelurahan Karangjati, Sabtu (14/4/2018). Sekaligus untuk menyambut Peringatan Hari Kartini ke 139, 21 April mendatang.

Setidaknya ada seribuan wanita dari berbagai organisasi dan masyarakat umum memadati sekeliling embung yang telah diisi ikan nila dan tombro sebanyak 2 ton. Meskipun cuaca terik, tidak lantas membuat semangat ibu-ibu meredup untuk memancing ikan. Berbagai peralatan digunakan, mulai dari kail, mata pancing, topi hingga payung agar tidak terasa panas terkena sinar terik matahari.

Keseruan terjadi tatkala kail ditarik ikan, banyak ibu-ibu yang senang, bingung bahkan terkaget sehingga kailnya terlepas ke dalam embung. Namun ada juga yang sudah pintar mengangkat ikan dari kail.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa angka konsumsi ikan di Kabupaten Blora masih cukup rendah, maka dari itu perlu untuk ditingkatkan.

“Angka Konsumsi Ikan di Kabupaten Blora masih jauh di bawah Angka Konsumsi Ikan nasional, yaitu 15,8 kg per kapita per tahun untuk Kabupaten Blora dan 45 kg per kapita per tahun untuk nasional,” jelasnya.

Atas data tersebut, pihaknya mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Blora untuk banyak mengkonsumsi ikan bagi keluarganya, mengingat tingginya kandungan gizi yang terdapat dalam ikan sehingga dapat menunjang pertumbuhan kecerdasan anak.

“Saya mengajak para Kartini Kabupaten Blora, ibu-ibu dan seluruh warga Kabupaten Blora untuk meningkatkan gerakan memasyarakatkan makan ikan. Kita budayakan konsumsi ikan kepada putra-putri kita,” lanjutnya.

Suparno, Kepala Seksi Pengembangan, Usaha dan Logistik yang hadir mewakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Lalu M. Syafriadi mengatakan bahwa kampanye gemar makan ikan merupakan komitmen dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk dijalankan secara merata di seluruh Jawa Tengah.

Bupati Blora, Djoko Nugroho dalam sambutannya mengajak kepada warga yang meramaikan Mancing Mania untuk ikut mengkampanyekan gemar makan ikan di lingkungan sekitarnya, dengan harapan masyarakat Blora akan tumbuh dengan gizi yang terpenuhi. (jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved