Home » , » GOW Kabupaten Blora Gelar Ziarah ke Makam RA Kartini

GOW Kabupaten Blora Gelar Ziarah ke Makam RA Kartini

infoblora.com on Apr 19, 2018 | 5:49 PM

Gabungan organisasi wanita se Kabupaten Blora melaksanakan ziarah di makam RA Kartini yang ada di Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. (foto: dok-infoblora)
REMBANG. Menyambut peringatan Hari Kartini ke 139, pada hari Kamis (19/4/2018), Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se Kabupaten Blora melaksanakan ziarah ke makam Raden Ajeng (RA) Kartini yang berada di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang.

Berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Blora, rombongan ziarah dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho. Tampak hadir Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0721/Blora, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Blora, dan perwakilan organisasi wanita lainnya.

Setibanya di makam RA. Kartini, yang terletak diantara komplek makam Bupati Rembang tempo dahulu. Rombongan ibu-ibu dari Blora langsung disambut oleh juru kunci makam dan dijelaskan riwayat hidup pahlawan nasional yang memperjuangkan emansipasi bagi perempuan di seluruh Indonesia ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama, yakni membaca tahlil (tahlilan-red) secara bersama-sama. Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara makam RA. Kartini dan keluarganya.

Dra. Hj. Umi Kulsum menjelaskan bahwa ziarah ke makam RA. Kartini ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Kartini. Menurutnya karena sosok Kartini inilah kini kedudukan wanita di Indonesia menjadi sejajar dengan laki-laki.

“Ziarah dan doa bersama ini merupakan salah satu wujud ucapan terimakasih kami kepada Ibu Raden Ajeng Kartini yang telah memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia. Dengan mengirimkan doa, semoga arwah beliau tenang di sisi Allah SWT, aamiin,” ucap Dra. Hj. Umi Kulsum.

Sebelum melaksanakan ziarah, pagi harinya di halaman Kantor Bupati Blora terlebih dahulu digelar Upacara Bendera Peringatan Hari Kartini ke 139 tingkat Kabupaten Blora. Dimana Bupati Djoko Nugroho secara langsung bertindak sebagai inspektur upacara. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved