Home » , , » Dukung Pencapaian ODF, Baznas Blora Bantu Jambanisasi di Desa Bacem

Dukung Pencapaian ODF, Baznas Blora Bantu Jambanisasi di Desa Bacem

infoblora.com on Apr 4, 2018 | 4:11 PM

Penyerahan bantuan dana sosial dari Baznas Kabupaten Blora untuk jambanisasi di Desa Bacem Kecamatan Banjarejo dalam kegiatan TMMD Sengkuyung I 2018. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Tekad Pemerintah Kabupaten Blora untuk mencapai program Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan di tahun 2018 ini demi meningkatkan indeks kesehatan masyarakat pedesaan, mendapatkan dukungan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora.

Dukungan itu diwujudkan dengan penyaluran bantuan pembangunan jambanisasi untuk warga Desa Bacem, Kecamatan Banjarejo melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I 2018.

Penyaluran bantuan dilakukan langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Blora, KH Muchdlor Ali kepada Bupati Djoko Nugroho dan diteruskan kepada Dandim 0721/Blora Letkol Inf Rizadly Stahrazzy Themba S.Sos untuk dilaksanakan.

“Kami salurkan bantuan untuk pembangunan jambanisasi senilai Rp 11.885.500,- agar dilaksanakan bersamaan dengan proyek fisik TMMD. Semoga bisa bermanfaat,” ucap KH Muchdlor Ali, setelah Upacara Pembukaan TMMD, Rabu (4/4/2018).

Bupati Djoko Nugroho mengucapkan terimakasih karena Baznas turut serta memerangi perilaku buang air besar sembarangan yang masih terjadi di tengah masyarakat dengan jambanisasi.

“Terimakasih kepada Baznas, semoga bantuan tersebut memberikan banyak manfaat untuk masyarakat pedesaan. Tahun 2018 ini Pemkab Blora menargetkan bebas buang air besar sembarangan. Pencapaian kita masih 94 persen, sehingga sisa 6 persen harus dituntaskan tahun ini. Misalnya dengan jambanisasi,” ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, persentase ODF di Kecamatan Banjarejo baru mencapai 92,5 persen. Artinya masih ada 7,5 persen atau 1453 KK di Kecamatan Banjarejo yang buang air besar sembarangan. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved