Blora on News :
Home » , , » Tekan Dampak Bencana, BPBD Blora Akan Gelar Pelatihan di Lokasi Rawan Banjir

Tekan Dampak Bencana, BPBD Blora Akan Gelar Pelatihan di Lokasi Rawan Banjir

infoblora.com on Mar 20, 2018 | 7:00 AM

Pelatihan dan Simulasi penanganan bencana alam oleh BPBD Blora kepada para relawan, Senin (19/3/2018). (foto: dok-ib)
BLORA. Guna menekan dan meminimalisir potensi dampak bencana banjir yang akhir-akhir ini banyak terjadi di Kabupaten Blora, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora menggelar kegiatan Pelatihan dan Simulasi Penanganan Bencana bagi masyarakat.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat guna mengantisipasi pengurangan resiko bencana itu mulai dilaksanakan Senin (19/3/2018) di Markas BPBD Blora dan selanjutnya akan menyasar tujuh desa yang memiliki potensi bencana banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Blora, Sri Rahayu menyatakan bahwa pembekalan tentang simulasi pengananan banjir sangat penting bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan. Mereka akan dibekali dengan cara pendirian posko, sistem pelaporan bencana, evakuasi serta rehabilitasi daerah terdampak.

“Hari ini (kemarin-red) Pelatihan dan Simulasi kami buka di Markas BPBD dengan menyasar para relawan tim reaksi cepat (TRC) Susosentiko. Setelah itu pelatihan dan simulasi akan dilaksanakan di desa dan kelurahan yang memiliki potensi banjir,” ujar Sri Rahayu.

Diantaranya adalah Desa Sambong Kecamatan Sambong; Kelurahan Ngroto Kecamatan Cepu, Desa Sogo Kecamatan Kedungtuban, Desa Purworejo Kecamatan Blora, Desa Kebonrejo Kecamatan Banjarejo, Desa Kedungwaru Kecamatan Kunduran dan Desa Kedungwungu Kecamatan Todanan.

Tujuan lain diselenggarakannya pelatihan, kata Sri rahayu, yaitu untuk menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional pada tanggal 26 April 2018.

“Kami harapkan tim ini bisa bekerja dengan maksimal, cepat dan tanggap ketika ada bencana. Artinya sebelum menyelamatkan orang lain, amankan diri terlebih dulu. Misalnya ketika ingin menolong orang tenggelam di sungai, jangan asal ikut nyebur untuk menolong. Lindungi dulu dengan pelampung dan alat pelindung diri,” ujarnya.

Pihaknya meminta, agar masyarakat Blora tetap meningkatkan kewaspadaan bencana yang disebabkan faktor alam dan cuaca. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

AFK CHAMPIONSHIP

AFK CHAMPIONSHIP
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved