Blora on News :
Home » , , , » Tak Sampai Satu Jam, Festival Durian Lokal Blora Ludes Diserbu Warga

Tak Sampai Satu Jam, Festival Durian Lokal Blora Ludes Diserbu Warga

infoblora.com on Feb 20, 2018 | 12:30 PM

Festival Durian Varietas Lokal Blora di kawasan Blok S Kecamatan Jepon, Selasa (20/2/2018). (foto: res-infoblora)
BLORA. Tak sampai satu jam sejak dibuka oleh Bupati Djoko Nugroho, acara Festival Durian varietas lokal Kabupaten Blora yang dilaksanakan di kawasan BLOK S Kecamatan Jepon, Selasa (20/2/2018), ludes diserbu warga. Ratusan jenis durian lokal dari berbagai wilayah Kecamatan yang disajikan di meja itu langsung diperebutkan penonton.

Tidak hanya ibu-ibu saja, sejumlah bapak-bapak juga ikut berebut ingin merasakan lezatnya durian lokal Blora yang belum banyak dikenal. Diantaranya durian dari Kecamatan Tunjungan, Kecamatan Japah, Kecamatan Todanan, Kecamatan Kunduran dan Kecamatan Jepon.

Bupati Djoko Nugroho (kanan) membuka Festival Durian Varietas Lokal, Selasa (20/2/2018). (foto: res-infoblora)
Intan (27) salah satu pengunjung merasa senang bisa hadir dalam acara Festival Durian Lokal Blora. Sambil memegang sebongkah durian, ia mengatakan bahwa kegiatan festival seperti ini sangat bagus untuk terus dilaksanakan berkelanjutan.

“Durian Blora ini enak, manis dan ada pahitnya sedikit-sedikit. Entah ini tadi jenis apa yang saya ambil, tapi rasanya enak. Semoga festival seperti ini tahun depan bisa digelar lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Endah (45) pengunjung lainnya dari Kecamatan Ngawen beruntung bisa mengambil satu buah durian utuh dalam festival itu. Ia sengaja datang untuk menonton festival sekaligus ingin mencoba durian.

Intan (27) salah satu pengunjung merasa senang bisa datang dan mencicipi enaknya durian lokal Blora. (foto: res-infoblora)
“Alhamdulillah bisa ambil satu tadi. Ini mau saya bawa pulang,” katanya singkat, sambil berjalan pulang.

Bupati Djoko Nugroho saat membuka Festival Durian Varietas Lokal mengatakan bahwa dengan adanya acara ini ia berharap potensi buah-buahan yang ada di Blora bisa semakin dikenal. Ia juga mengajak warga untuk terus mengembangkan tanaman buah-buahan.

“Festival Durian Lokal Varietas Blora ini menunjukkan bahwa Blora tidak hanya jati saja. Blora punya durian dan buah-buahan lainnya yang tidak kalah dengan daerah lain. Dengan menanam buah, hasilnya bisa segera kita rasakan. Daripada menanam jati yang harus menunggu puluhan tahun baru panen. Ayo menanam buah,” terangnya.

Durian Saru, salah satu jenis durian varietas lokal Blora yang berasa dari Kecamatan Tunjungan. (foto: res-infoblora)
Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus menjelaskan bahwa luas kebun durian di Blora tahun ini sudah mencapai lebih dari 50 hektare.

“Kebunnya ada di Tunjungan, Todanan, Japah, Ngawen, Kunduran, kemudian Jepon di Desa Soko juga ada. Ini kita lombakan varietas lokalnya sehingga yang menang nanti akan dikembangkan menjadi buah durian lokal unggulan Blora,” paparnya. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

PIALA DANDIM 0721/BLORA

PIALA DANDIM 0721/BLORA
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved