Blora on News :
Home » , , » Tak Hanya Padi, Blora Saat ini Juga Panen Raya Cabai

Tak Hanya Padi, Blora Saat ini Juga Panen Raya Cabai

infoblora.com on Feb 8, 2018 | 7:30 AM

Panen raya cabai merah di lahan kelompok Tanu Maju Makmur Desa Gempolrejo Kecamatan Tunjungan, Rabu (7/2/2018). (foto: dok-ib)
BLORA. Bulan Februari memang membawa berkah untuk petani di Kabupaten Blora. Pasalnya di bulan ini selain puncak musim panen padi, petani di Blora juga sedang memanen cabai. Seperti yang dilakukan kelompok tani maju makmur Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan pada hari Rabu (7/2/2018) kemarin.

Para petani asik memanen cabai merah keriting di pagi hari dibantu Bapak-Bapak Polisi dan TNI di lahan seluas 1,5 hektare. Dengan cuaca mendung, mereka bersemangat memetik cabai satu per satu untuk dikumpulkan ke dalam karung plastik dan ember yang telah disiapkan.

Dalam panen raya cabai tersebut dihadiri Camat Tunjungan Dwi Bambang Priyono, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora Puji Riyanto dan Kepala Desa setempat.

“Panen tahun ini cukup memuaskan. Dengan lahan pertanian seluas satu setengah hektar, kita bisa memperoleh hasil sebanyak tiga kuintal pada panen pertama. Seperti diketahui, tanaman cabai dapat dipanen lebih dari satu kali. Sehingga panen pertama yang memuaskan dapat menjadi acuan di panen selanjutnya,” ujar Ketua Poktan Maju Makmur Desa Gempolrejo Sumindar.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora Puji Riyanto mengatakan bahwa Pemkab akan terus mendukung pengembangan sektor tanaman cabai. Tidak hanya di Kecamatan Tunjungan saja namun juga di kecamatan lainnya.

“Cabai merah memang menjadi salah satu komoditas unggulan Blora. Pemkab akan terus mendorong agar sentra cabai merah semakin meluas. Sebelumnya yang dikenal sebagai penghasil cabai hanya Todanan, Jepon dan Bogorejo. Kini kita dorong hingga ke Kecamatan lainnya seperti Tunjungan ini,” ujarnya.

Jika petani menjumpai kendala dalam proses penanaman, perawatan hingga panen, pihaknya meminta agar kelompok tani yang bersangkutan bisa langsung melapor atau koordinasi dengan tanaga penyuluh pertanian setempat atau ke UPT Pertanian yang ada di Kecamatan sehingga bisa segera ditangani.

Danramil 04/ Tunjungan Kapten Inf Heri Waluyo mengapresiasi kegiatan panen raya yang dilakukan oleh kelompok tani Maju Makmur ini. Pihaknya dari jajaran TNI menyatakan kesiapannya untuk bersinergi mewujudkan ketahanan pangan.

“ Anggota kami siap untuk mendampingi setiap upaya tersebut, dan janganlah sungkan untuk mengikutsertakan babinsa setempat untuk saling bersinergi dalam mewujudkan ketahanan pangan,” ungkapnya. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

AFK CHAMPIONSHIP

AFK CHAMPIONSHIP
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved