Home » , , » 32 Regu Bersaing Jadi Yang Tergiat Dalam Pesta Siaga 2018, Ini Pemenangnya

32 Regu Bersaing Jadi Yang Tergiat Dalam Pesta Siaga 2018, Ini Pemenangnya

infoblora.com on Feb 22, 2018 | 7:00 PM

Salah satu barung menunjukkan yel-yel andalannya dalam pembukaan Pesta Siaga di SMP Negeri 1 Bogorejo. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Sebanyak 32 regu atau barung Pramuka Siaga dari 16 Kecamatan se Kabupaten Blora berkumpul bersama untuk beradu ketangkasan, ketrampilan dan pengetahuan dalam acara Pesta Siaga, Kamis (22/2/2018). Berlangsung di SMP Negeri 1 Bogorejo, Pesta Siaga yang diikuti 16 barung putra dan 16 barung putri itu dibuka langsung oleh bunda Dra. Umi Kulsum Djoko Nugroho, bersama Bupati Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si.

Saat pembukaan yang dikemas dalam upacara, Umi Kulsum sebagai Pembina Upacara mengucapkan selamat berlomba kepada anak-anak Siaga dan berpesan agar selalu berani untuk tampil meraih prestasi demi kemajuan bersama.

“Bunda sangat bahagia bisa hadir di tengah adik-adik semua. Kalian semua adalah anak-anak pilihan dari 16 Kecamatan untuk tampil disini dalam Pesta Siaga. Jangan takut, jangan minder. Kalian harus berani mempertunjukkan kemampuan kalian. Yang paling tergiat nanti akan diajak jalan-jalan ke Pesta Siaga tingkat wilayah Pati,” ujarnya.

Pembukaan Pesta Siaga oleh Bunda Umi Kulsum bersama Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda. (foto: dok-infoblora)
Umi Kulsum yang tidak lain istri Bupati Djoko Nugroho ini juga berpesan kepada anak-anak untuk ikut menjaga dan menyayangi lingkungan. Terlebih saat musim hujan seperti ini kerap terjadi banjir dan tanah longsor.

“Ayo kita tanam pohon sebanyak-banyaknya di sekitar kita agar alam tidak rusak. Sehingga saat musim hujan seperti ini tidak terjadi banjir dan tanah longsor. Selain merawat lingkungan, Siaga juga harus taat beribadah dan patuh kepada orang tua,” lanjutnya.

Bupati Djoko Nugroho mengapresiasi diadakannya event tahunan Pesta Siaga oleh Kwarcab Blora. Menurutnya dengan pesta siaga, anak-anak bisa melatih dan mengasah kemampuan diri dalam hal pengetahuan, keberanian, kekompakan dan rasa percaya diri.

Kakwarcab H.Arief Rohman M.Si didampingi Ketua Harian Kwarcab Slamet Pamudji SH, M.Hum meninjau pos penilaian Pesta Siaga. (foto: dok-infoblora)
“Ini acara yang sangat bagus dalam membangun karakter anak. Disini mereka dilatih kerjasama, saling menolong, kekompakan dan keberanian. Mereka semua adalah bibit unggul, generasi Blora yang pintar dan berani dari seluruh wilayah berkumpul bersama. Pendidikan mereka harus terus diperhatikan,” tegas Bupati yang juga Kamabicab ini.

Terpisah, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Blora, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pesta Siaga 2018 ini dilaksanakan bersamaan dengan hari lahirnya Bapak Pandu Dunia Boden Powel.

“Disini anak-anak berlomba menunjukkan keahlian di bidang pengetahuan, kekompakan, seni budaya dan ketangkasan lainnya yang memuat nilai kemandirian, kerjasama, nasionalisme, tolong menolong dan kebernian. Setidaknya ada 11 pos penilaian yang didirikan panitia untuk menilai kemampuan masing-masing tim. Semoga ini bisa mewujudkan generasi penerus yang kuat,” terangnya.

Dalam pembukaan, dimeriahkan dengan adanya kuis pengetahuan, tari gambyong, kesenian barongan, pencak silat, penanaman pohon, pelepasan balon dan burung merpati, serta senam bersama goyang Maumere.

Perwakilan pemenang foto bersama dengan panitia dan Camat Bogorejo usai penutupan Pesta Siaga. (foto: dok-infoblora)
Selama satu hari seluruh barung mempertunjukkan kemampuannya dengan percaya diri, kompak dan semangat, di masing-masing pos. Tim juri langsung melakukan penilaian di pos yang didirikan, seperti pos pengetahuan umum, pos yel-yel, pos seni budaya, pos ketangkasan, pos keimanan dan ketaqwaan dan lainnya.

Setelah semua nilai direkap, diperoleh masing-masing 3 regu barung tergiat putra dan putri. Dimana tergiat pertama hingga ketiga nantinya akan mewakili Blora di Pesta Siaga tingkat Binwil Pati yang akan dilaksanakan bulan Maret.

Adapun para pemenang adalah sebagai berikut :

PUTRA
  1. Tergiat I SDN 3 Jepon dengan nilai 1042,7
  2. Tergiat II SDN 2 Ngawen dengan nilai 1040,6
  3. Tergiat III SDN 1 Tambaksari dengan nilai 1034,3
PUTRI
  1. Tergiat I SDN 2 Ngawen dengan nilai 1047
  2. Tergiat II SDN 1 Tambaksari dengan nilai 1046
  3. Tergiat III MI Muhammadiyah Todanan dengan nilai 1042,33
(res-infoblora)

Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved