Blora on News :
Home » , » Sungai Wulung Meluap, Puluhan Rumah di Kec.Kradenan Terendam

Sungai Wulung Meluap, Puluhan Rumah di Kec.Kradenan Terendam

infoblora.com on Jan 3, 2018 | 2:30 PM

Genangan banjir berangsur surut, Rabu siang (3/1/2018). tampak beberapa ayam peliharaan warga memilih bertengger di atas genting. (foto: dok-fai)
KRADENAN. Hujan deras yang mengguyur wilayah Blora Selatan pada hari Selasa malam (2/1/2018) membuat debit Sungai Wulung yang berhulu di wilayah Kecamatan Randublatung meluap di wilayah Kecamatan Kradenan. Akibatnya puluhan rumah terendam dengan ketinggian hingga 1 meter.

Tepatnya di Desa Mojorembun dan Desa Sumber, disini puluhan rumah yang terletak di dekat aliran sungai tidak luput dari luapan air bah. Ratusan hektar sawah tanaman padi juga terendam mulai pukul 01.00 WIB Rabu dini hari (3/1/2018) kemarin dan berangsur surut hingga siang harinya.

Dikutip dari laman mojorembun.blorakab.go.id, Kades Mojorembun Syaifudin menyatakan bahwa sejak dini hari mereka sudah memantau perkembangan debit air sungai Wulung dari beberapa titik, salah satunya di Jembatan MoKa (Mojorembun-Kayen).

Sekitar pukul 01.00 WIB air menunjukkan peningkatan terus, hingga akhirnya mulai meluas menggenangi pemukiman warga,” kata Syaifudin Kades Mojorembun.

Kades Mojorembun (berkacamata) menerima bantuan untuk korban banjir dari petugas BPBD Blora. (foto: dok-fai)
Menurutnya, arus air bah terlihat begitu deras memasuki pemukiman warga. Banjir juga menggenangi areal persawahan dan fasilititas umum seperti sekolahan dan mushola. Bahkan jalan utama desa tidak dapat diakses karena digenangi banjir. Hal ini menyebabkan warga Mojorembun terisolasi. Warga yang biasanya melewati jalan utama desa harus rela menempuh jalur alternatif Jalan Usaha Tani (JUT) di persawahan ke arah barat.

Warga yang mengalami banjir berusaha menyelamatkan barang dan hewan peliharaannya. Mereka ungsikan sementara ke rumah saudara yang tidak terkena banjir.

Tidak lama datang bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Blora dan beberapa relawan lainnya untuk memberikan bantuan. Diantaranya bakti sosial dari siswa SMA NU 1 Kradenan yang membagikan bantuan mie instan dan rombongan Camat Kradenan yang memonitor kondisi korban banjir di Mojorembun.

Terpisah, Kepala Pelaksana (kalak) BPBD Blora Sri Rahayu saat dihubungi Rabu siang (3/1/2018) mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan bantuan baik tenaga maupun sembako untuk diberikan kepada korban banjir di Mojorembun dan sekitarnya.

“Teman-teman sudah meluncur ke Mojorembun dengan membawa bantuan. Semoga banjir bisa segera surut dan masyarakat kembali beraktifitas seperti semula,” ucapnya singkat. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved