Blora on News :
Home » , » Kemristekdikti Akan Latih Peternak Blora Kelola Peternakan Sapi Modern dari Hulu ke Hilir

Kemristekdikti Akan Latih Peternak Blora Kelola Peternakan Sapi Modern dari Hulu ke Hilir

infoblora.com on Jan 14, 2018 | 8:54 AM

Menristekdikti M Nasir sedang menyuntikkan inseminasi buatan kepada seekor sapi indukan saat berkunjung ke Blora, Kamis (11/1/2018) lalu. (foto: dok-kemristekdikti)
BLORA. Memiliki potensi ternak sapi terbesar di Jawa Tengah, membuat Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir tertarik untuk turut mengembangkan peternakan sapi modern dari hulu ke hilir di Kabupaten Blora.

Saat berkunjung ke Blora pada hari Kamis (11/1/2018) lalu didampingi oleh Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe, CEO PT. KAR Karnadi Winaga, Direktur Inovasi Santoso Yudo Warsono, dan Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Retno Sumekar, ia menyempatkan diri meninjau pengembangbiakan sapi dengan teknologi inseminasi buatan (IB) di pabrik IB Desa Sambongrejo, Kecamatan Tunjungan.

Ikut mendampingi dari pihak Pemkab Blora adalah Wakil Bupati Arief Rohman, Sekda Drs.Bondan Sukarno MM, serta Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Blora, Ir. Wahyu Agustini SE, M.Si.

“Peternak di Kabupaten Blora akan kami dorong agar bisa mengembangkan peternakan sapi secara modern dengan pengelolaannya dari hulu hingga hilir. Contoh saja, kalau peternak sapi di Blora seperti di Desa Palon sudah menggunakan IB itu kan berarti sudah modern. Sekarang tinggal belajar lagi ke PT Karya Anugerah Rumpin (KAR) di Rumpin, Bogor, supaya peternak-peternak di sini tahu cara pengelolaan peternakan sapi dari hulu sampai hilir yang baik itu seperti apa,” kata Nasir.

Menurutnya, pengelolaan peternakan sapi dari hulu hingga hilir artinya bergerak dari bidang pembibitan hingga penggemukan sapi. Tidak hanya itu, pengelolaan limbah kotoran sapi dengan teknologi juga dapat dilakukan untuk memberi nilai tambah.

“Peternak-peternak di sini kalau mau berhasil berarti harus mau belajar. Bisa belajar dari KAR, karena Pak Karnadi (CEO PT KAR) saja waktu mulai dulu hanya punya dua sapi sekarang sudah 2.000 ekor, dengan bobot sapi bisa mencapai 500 kg sampai 1000 kg,” ujar dia.

Dengan pemanfaatan teknologi limbah kotoran sapi dijadikan pupuk padat maupun cair di PT KAR. Perkiraannya untuk pupuk padat saja bisa menghasilkan hingga 10.000 sak dengan harga per sak mencapai Rp10.000, dan jika ini juga bisa dikembangkan oleh peternak sapi di Blora tentu dapat dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan di sekitarnya.

Untuk persoalan pakan, menurut dia, memang belum adatitik cerah, ini yang masih harus terus dikembangkan melalui riset-riset di LPNK maupun universitas.

Dirjen Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Jumain Appe, yang turut datang ke Blora mengatakan Kementerian akan memfasilitasi pelatihan peternak sapi Blora di PT KAR, Rumpin, Bogor. Yang dikejar bagaimana menghasilkan sapi-sapi dengan kualitas baik yang selama ini hanya diperoleh dari impor.

“Saya rasa tidak perlu lagi menggunakan sapi impor untuk pembibitan, karena sudah ada yang berhasil, hanya tinggal bagaimana ini bisa diikuti juga oleh peternak-peternak lainnya,” ujar dia.

Wakil Bupati Blora Arief Rohman mengatakan daerahnya memiliki populasi sapi terbesar di Jawa Tengah, mencapai 231.000 ekor. Sejauh ini keberhasilan yang dilakukan peternak di Blora yakni melakukannya secara komunal, contohnya di Desa Palon Kecamatan Jepon dan cara ini mampu semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Meski demikian, menurut dia, harapannya Blora bisa mengembangkan peternakan sapi ini benar-benar dari hulu hingga hilir. Tidak berhenti dengan pembenihan, pembesaran atau penggemukan sapi, tetapi juga sampai memiliki rumah potong hewan sendiri bahkan industri pengolahan daging sapi sendiri yang dijadikan berbagai macam produk pangan.

Ia juga memberikan arahan kepada kelompok tani peternak sapi Desa Palon di Blora mengenai cara mengelola peternakan sapi dari hulu sampai hilir. Ia berharap peternak sapi dapat belajar dari PT. Karya Anugerah Rumpin (KAR), perusahaan yang bergerak di bidang pembibitan dan penggemukan sapi. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

AFK CHAMPIONSHIP

AFK CHAMPIONSHIP
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved