Blora on News :
Home » , , » Jelang Pilgub Jateng 2018, KPU Blora Mulai Laksanakan Coklit Daftar Pemilih

Jelang Pilgub Jateng 2018, KPU Blora Mulai Laksanakan Coklit Daftar Pemilih

infoblora.com on Jan 20, 2018 | 3:51 PM

PPDP sedang melaksanakan kegiatan Coklit di kediaman Rumah Dinas Bupati Blora Djoko Nugroho. (foto: res-ib)
BLORA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora mulai melaksanakan tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng (Pilgub Jateng) 2018. Salah satunya pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih tetap yang hendak digunakan sebagai dasar pemungutan suara bulan Juni mendatang.

Ketua KPU Blora, Arifin menyampaikan bahwa Coklit daftar Pemilih mulai dilaksanakan pada hari Sabtu (20/1/2018) secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Blora.

Coklit akan dilaksanakan hingga 18 Februari 2018 mendatang. Di hari pertama, Coklit Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah menyasar para pejabat dan tokoh masyarakat. Dimana merupakan Gerakan Coklit Serentak Pilkada 2018 secara nasional, dimana seluruh Petugas Pemukhiran Data Pemilih (PPDP) terjun serentak untuk mendatangi rumah warga,” ujarnya, Sabtu (20/1/2018).

Dalam Coklit Serentak PPDP didampingi oleh penyelenggara Pemilihan mulai dari KPU RI hingga PPS.

Gerakan Coklit Serentak di Kabupaten Blora dimanfaatkan betul oleh PPDP untuk mengunjungi rumah para tokoh di wilayah kerja masing-masing. Para tokoh yang dikunjungi oleh PPDP diantaranya terdiri dari para pejabat Pemerintahan Kab. Blora, tokoh masyarakat, tokoh agama, komunitas adat dan tak ketinggalan komunitas diffable.

Dari para Pejabat Pemerintahan diantaranya terdapat Bupati Blora H. Djoko Nugroho, Ketua DPRD Blora Ir. Bambang Susilo dan beberapa anggota DPRD Blora. Sedangkan dari unsur tokoh masyarakat atau tokoh agama terdapat Ketua Yayasan Mahameru Gatot Pranoto, ST, para ketua organisasi keagamaan seperti Ketua PCNU H. Aunurrofiq, SE., M.Si, Ketua PD Muhammadiyah H. Ngastoyo, S.Pd.I dan lainnya.

Sementara itu, untuk komunitas adat PPDP mengunjungi para sesepuh sedulur sikep yang ada di Desa Sambongrejo Kec. Sambong Mbah Pramugi, di Desa Klopoduwur Kec. Banjarejo Mbah Lasiyo dan di Desa Sumber Kec. Kradenan Mbah Kasbi.

Dengan mengunjungi para tokoh dalam Coklit Serentak ini diharapkan gema coklit dalam pemutakhiran daftar pemilih Pilkada Serentak Tahun 2018 akan semakin meluas,” lanjutnya.

Coklit dilakukan dengan cara PPDP berkunjung ke rumah-rumah untuk mencocokkan data pemilih yang ada dalam daftar pemilih dengan kenyataan yang ada baik secara administratif maupun faktual.

Bupati Djoko Nugroho yang menjadi objek sasaran Coklit Daftar Pemilih menyatakan dukungannya agar Coklit bisa berjalan lancar sehingga kebutuhan data pemilih yang real sesuai kondisi di lapangan bisa diperoleh.

Jangan sampai daftar pemilihnya bermasalah. Semoga tidak ada pemilih ganda atau lainnya. Semua harus jujur kepada petugas Coklit. Mari kita wujudkan Pilgub Jateng 2018 yang aman dan kondusif di Kabupaten Blora,” kata Djoko Nugroho.

Guna memperlancar proses coklit pada setiap rumah tangga, diharapkan masyarakat bisa menyiapkan dokumennya berupa KTP elektronik/Surat Keterangan Disdukcapil dan Kartu Keluarga. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved