Home » , » Polres Blora Galakkan Patroli Pasar Jelang Natal dan Tahun Baru 2018

Polres Blora Galakkan Patroli Pasar Jelang Natal dan Tahun Baru 2018

infoblora.com on Dec 15, 2017 | 10:05 AM

Kapolsek Jepon dan anggotanya melakukan patroli ke Pasar Jepon beberapa hari lalu. (foto: dok-ib)
BLORA. Menjelang perayaan Natal dan Tahun baru 2018, jajaran Polres Blora mulai menggalakkan patroli pasar ke pasar-pasar tradisional dan pasar modern guna mengantisipasi adanya lonjakan harga sembako yang dikhawatirkan bisa membebani masyarakat.

Patroli dilakukan oleh Satgas Pangan Polres Blora yang dipimpin langsung oleh seluruh Kapolsek jajaran Polres Blora yang berada di 16 Kecamatan se Kabupaten Blora. Mereka melakukan patroli di pasar yang ada diwilayah kecamatan masing-masing, mulai Kamis (14/12/2017).

“Patroli pasar ini untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako jelang natal dan tahun baru 2018. Karena momen seperti ini biasanya sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk memainkan harga di pasaran,” ujar Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H.

Selain itu, menurut Kapolres, patroli pasar dilakukan untuk memantau harga bahan pokok yang sering mengalami lonjakan terlalu signifikan menjelang akhir tahun seperti ini.

“Dari hasil laporan yang diterima, setelah beberapa Polsek melakukan operasi pasar hari ini, harga bahan pokok kenaikannya masih cenderung stabil, tidak ada harga yang naik signifikan,” ucapnya.

Kapolres Blora AKBP Saptono menuturkan, upaya itu ditujukan dalam rangka mendukung program pemerintah terkait stabilisasi harga kebutuhan pokok saat perayaan natal 2017 dan menjelang tahun baru 2018.

“Tujuannya, Polri bersama dengan instansi terkait melakukan langkah nyata dalam mendukung program pemerintah menjaga stabilisasi harga sembako di pasaran, sehingga pada perayaan natal dan tahun baru 2018 nanti harga sembako tidak melonjak,” tuturnya.

Menurut AKBP Saptono, jika nanti ditemui ada yang memainkan harga ataupun menimbun barang, akan dilakukan tindakan sesuai dengan Undang-undang No 18 tahun 2012 tentang pangan dan Undang-undang No 7 tahun 2014 tentang perdagangan.

“Tentunya kalau nanti ditemukan hal-hal semacam itu, nanti pasti ada sanksinya,” katanya.

Kegiatan seperti ini (Patroli pasar) akan kita lakukan terus di setiap pasar. Jadi lokasinya akan berganti-ganti.

“Sementara kami dari Polres Blora terlebih dulu melakukan operasi pasar, nanti baru bergabung dengan instansi lain seperti Dinas Perdagangan dan lain sebagainya,” pungkas AKBP Saptono. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved