Blora on News :
Home » , » Blora “Wis Wayahe Kuncara” di Yogyakarta

Blora “Wis Wayahe Kuncara” di Yogyakarta

infoblora.com on Dec 23, 2017 | 6:30 AM

Paguyuban Seni Barongan Blora yang dimainkan Kamaba Yogyakarta dalam Dies Natalis UGM beberapa waktu lalu. (foto: dok-ib)
YOGYAKARTA. Setelah melaksanakan makrab dan sarasehan dalam rangka memperingati Hari Jadi Blora yang ke-268. Keluarga Mahasiswa Blora (Kamaba) Yogyakarta kembali melaksanakan kegiatan yang didedikasikan untuk Blora.

Seperti jargon Hari Jadi Blora yang ke-268, Blora “Wis Wayahe Kuncara”. Kamaba mencoba mengangkat salah satu kesenian khas dari Blora untuk diperkenalkan di Yogyakarta melalui Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta.

Benar sekali, Blora memiliki kesenian khas daerah yang membudaya dan kesenian tersebut adalah barongan. Kesenian yang sangat membumi di kota Samin ini sudah waktunya dikenal semua lapisan masyarakat di Indonesia bahkan dunia.

Tampil di salah satu dari rangkaian acara Dies Natalis UGM yang ke-68 yaitu “NITILAKU” pada hari Minggu, 17 Desember 2017 lalu. Barongan Blora tampil apik diiringi tabuhan gamelan yang khas berirama.

“Ini adalah kali kedua Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta tampil di NITILAKU, tahun kemarin dalam rangka Dies Natalis UGM tahun 2016 kami juga ikut memeriahkan dengan membawa kesenian barongan Blora. Dampaknya bagus, dalam acara ini banyak orang yang melihat dan mungkin tertarik kepada barongan, sehingga datang beberapa tawaran manggung di Yogyakarta.” kata Fahmi sebagai koordinator Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta.

Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta merupakan paguyuban barongan Blora yang bertempat di Yogyakarta. Berada di bawah naungan Kamaba Yogyakarta, Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta aktif untuk memperkenalkan kesenian barongan Blora di kota Pelajar.

Tak lain dan tak bukan, anggota dari Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta adalah seluruh lapisan masyarakat Blora yang tinggal di Yogyakarta mulai dari mahasiswa hingga yang sudah bekerja.

“Harapan kami, dengan adanya Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta kami sebagai orang Blora bisa berkontribusi khususnya di bidang kebudayaan untuk kemajuan Blora walaupun berada di tanah perantauan.” tambah Cholidi selaku ketua Kamaba Yogyakarta. (taufiq | res-ib)
Share this article :

0 komentar:

AFK CHAMPIONSHIP

AFK CHAMPIONSHIP
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved