Home » , » Angkat Kearifan Lokal, Inilah Pemenang Batik Blora Carnival 2017

Angkat Kearifan Lokal, Inilah Pemenang Batik Blora Carnival 2017

infoblora.com on Dec 16, 2017 | 3:41 PM

Salah satu tampilan kostum Batik Blora Carnival bertema Merak Ijo Blora dari SMA Negeri 2 Blora. (foto: dok-ib)
BLORA. Mengangkat kearifan lokal Blora sebagai tema kostum yang dibuat dengan bahan dasar Batik Blora, gelaran Blora Batik Carnival 2017 yang dilaksanakan Sabtu siang (16/12/2017), berhasil menyedot puluhan ribu penonton dari berbagai daerah.

Carnival yang mulai berjalan pada pukul 14.00 WIB itu dibuka langsung oleh Bupati Djoko Nugroho didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum dan Kepala Dinporabudpar Drs. Kunto Aji.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya menyambut baik gelaran Blora Batik Carnival sebagai ajang pameran batik dan ajang adu kreatifitas sebagai bukti bahwa Batik Blora sudah banyak mengalami kemajuan baik dala segi kualitas maupun kuantitas.

“Ini masih dalam rangka rangkaian Hari Jadi ke 268 Kabupaten Blora. Kita laksanakan gelaran Blora Batik Carnival sebagai bukti bahwa Batik Blora sudah banyak mengalami kemajuan dan tidak kalah dengan kota lainnya. Sebagai wujud rasa cinta kepada daerah, ayolah pakai Batik Blora sendiri,” kata Bupati.

Ribuan penonton berjubel di sepanjang Jl.Pemuda guna menonton Batik Blora Carnival 2017. (foto: dok-ib)
Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum saat melepas balon sebagai tanda dimulainya acara berharap agar kedepan Batik Blora dan UKM lainnya bisa maju dan terbang tinggi, dikenal masyarakat luas.

“Semoga dengan digelarnya Blora Batik Carnival ini, kedepan Batik Blora bisa semakin dikenal luas. Blora wis wayahe kuncara, Batik Blora juga harus kuncara,” ucapnya.

Sementara itu Drs. Kunto Aji menyatakan bahwa gelaran Blora Batik Carnival kali ini diikuti oleh tingkat SMP, SMA/SMK sederajat dan Umum dengan jumlah total ada 39 tim peserta.

“Semuanya mengangkat tema atau cerita tentang kearifan lokal Kabupaten Blora seperti barongan, tayub, serta beberapa legenda atau cerita rakyat yang masih melekat di masyarakat. Alhamdulillah sukses,” terangnya.

Dengan menempuh rute kurang lebih sepanjang 1 kilometer mulai dari Alun-alun - Jl.Pemuda - dan finish di Perempatan Grojogan, puluhan ribu penonton berjubel memadati jalan utama tengah kota tersebut. Mereka tidak ingin ketinggalan untuk mengabadikan moment dengan cara mengajak peserta untuk berswafoto bersama-sama.

Para pemenang menerima piala dari Bupati didampingi Ketua Dekranasda, Asisten 2 dan Kepala Dinporabudpar. (foto: dok-ib)
Sayangnya panitia tidak menyediakan pagar pembatas antara peserta carnival dan penonton sehingga jalan yang lebar menjadi sempit karena penonton mendesak maju mendekati peserta. Akibatnya peserta carnival tidak bisa tampil maksimal memperagakan kostum yang dikenakan. Hanya bisa berjalan biasa sambil diajak foto penonton.

Adapun daftar pemenangnya adalah sebagai berikut :

Tingkat SMP sederajat
Juara 1 SMP Negeri 1 Blora
Juara 2 SMP Negeri 3 Cepu
Juara 3 SMP Negeri 1 Jepon
Juara Harapan 1 SMP Negeri 2 Blora
Juara Harapan 2 SMP Negeri 6 Blora
Juara Harapan 3 SMP Negeri 5 Blora

Tingkat SMA/SMK sederajat
Juara 1 SMA Negeri 2 Blora
Juara 2 SMA Negeri 1 Tunjungan
Juara 3 SMK PSM Randublatung
Juara Harapan 1 SMA Negeri 1 Cepu
Juara Harapan 2 SMK Negeri 1 Blora
Juara Harapan 3 SMK Migas Cepu

Tingkat Umum
Juara 1 Kecamatan Banjarejo
Juara 2 Kecamatan Japah
Juara 3 Sanggar Sekar Langit
Juara Harapan 1 Kecamatan Randublatung
Juara Harapan 2 Kecamatan Blora Kota
Juara Harapan 3 Kecamatan Kunduran

(jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2018. infoblora.com - All Rights Reserved