Blora on News :
Home » , » Hiasi Dinding Kota, Seni Mural Mulai Diminati Pemuda Blora

Hiasi Dinding Kota, Seni Mural Mulai Diminati Pemuda Blora

infoblora.com on Nov 28, 2017 | 7:30 AM

Beberapa pemuda sedang asik menyelesaikan garapan mural di dinding Jl. Dr Sutomo Lorong 3 Kota Blora. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Menghiasi beberapa sudut dinding kota, seni mural nampaknya mulai banyak diminati pemuda Blora. Terbukti, belum lama ini ada sebuah komunitas yang menyelenggarakan lomba mural pertama kalinya di Blora diikuti puluhan peserta.

Mereka saling beradu kreasi, menciptakan karya berupa gambar lukis besar di dinding panjang yang dibagi menjadi beberapa kotak. Mulai gambar bertemakan kearifan lokal hingga ragam hias modern, disesuaikan dengan imajinasi sang pembuat. Ada yang membuat dengan teknik lukis manual pakai kuas, ada juga yang pakai metode semprot.

Sejak Jumat hingga Sabtu (24-25/11/2017) lalu, setidaknya ada 30 tim yang mengikuti kegiatan mural bersama di dinding Jl. Dr Sutomo lorong 3 atau belakang SMA Negeri 1 Blora. Selama dua hari itu, dihasilkan aneka jenis mural yang beragam dan tersusun indah. Tembok yang tadinya purih polos, kini seolah bercerita.

Taufan salah satu pemerhati seni yang tidak lain guru seni budaya SMA Negeri 1 Blora merasa senang karena anak-anak muda ternyata sudah banyak yang berminat pada seni mural. Menurutnya mural merupakan salah satu media gambar yang bisa digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan layaknya poster.

“Kami sangat mengapresiasi adanya lomba mural yang jarang ada di wilayah Blora. Biasanya kegiatan semacam ini ada di kota besar yang memiliki banyak dinding-dinding kota yang kosong. Kegiatan seperti ini juga sebagai motivator untuk siswa sekolah dalam belajar seni budaya.
Mural merupakan media untuk menyalurkan ekspresi dan imajinasi, daripada corat coret tidak jelas yangg sifatnya tidak enak dipandang mata dan merusak sudut ruang kota,” ucapnya.

Agus, salah satu pembuat merasa senang bisa ikut melukiskan karyanya di dinding kota. Menurutnya, sangat jarang ada acara mural bareng seperti ini dan dilombakan.

“Selain memperindah dinding kota, mural juga bisa digunakan untuk melatih ketrampilan seni lukis para pemuda Blora. Lewat mural, kita juga bisa menyampaikan pesan-pesan sosial,” ujar Agus.

Ia berharap kegiatan semacam ini tidak hanya sekali diadakan. Tetapi berkelanjutan dengan mengambil lokasi lainnya. Karena menurutnya masih ada beberapa sudut kota di Blora yang cocok dihiasi mural. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved