Blora on News :
Home » , » Telan Dana Hampir 1 Miliar, Revitalisasi Makam Sunan Pojok Diresmikan

Telan Dana Hampir 1 Miliar, Revitalisasi Makam Sunan Pojok Diresmikan

infoblora.com on Oct 18, 2017 | 8:00 AM

Kawasan Makam Sunan Pojok tampak dari depan pasca direvitalisasi. Gapura dan pagar yang baru bercorak Mataraman. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Setelah dikerjakan sejak bulan Juni lalu, akhirnya proyek revitalisasi atau penataan kawasan Makam Sunan Pojok yang menelan dana hampir satu miliar itu diresmikan langsung oleh Bupati Djoko Nugroho dengan penandatanganan prasasti, Selasa malam (17/10/2017), bersamaan dengan Pengajian Umum Haul Sunan Pojok 1439 H.

Bertempat di halaman komplek Makam Sunan Pojok Jl.MR Iskandar Lorong 1 Blora atau sebelah selatan Alun-alun, peresmian disaksikan oleh segenap pengurus Yayasan Sunan Pojok, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Hj.Umi Kulsum, jajaran Forkopimda, Sekda, Kepala OPD terkait, tokoh alim ulama dan ribuan umat muslim yang malam itu memadati kawasan makam.

Dalam sambutannya, Bupati yang akrab disapa Pak Kokok ini merasa bersyukur karena komplek Makam Sunan Pojok pasca direvitalisasi semakin bagus dan tertata. Sehingga para pengunjung wisata religi bisa lebih nyaman dalam melaksanakan ziarah.

Bupati Djoko Nugroho menandatangani prasasti peresmian Makam Sunan Pojok Blora. (foto: dok-ib)
“Alhamdulillah sekarang lebih luas dan nyaman. Dengan biaya tidak kurang dari Rp 1 miliar, kini makam Sunan Pojok telah diperluas, dilengkapi dengan joglo utama yang besar, gapura dan pagar yang baru serta penataan tempat wudhu. Selain sebagai bentuk penghormatan kepada Mbah Pojok, semoga revitalisasi ini juga bisa meningkatkan daya tarik wisata di tengah Kota Blora,” ucapnya.

Menurutnya, peresmian sengaja dilaksanakan secara sederhana bertepatan dengan Haul Sunan Pojok agar bisa disaksikan langsung oleh ribuan jamaah.

“Saya tidak ingin peresmian ini mengalahkan makna haul nya, sehingga dilaksanakan secara sederhana saja. Setelah ini monggo dilanjutkan dengan pengajiam umum haul Sunan Pojok. Kita ikuti bersama sama dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.

Usai sambutan, Bupati memberikan santunan kepada puluhan anak yatim piatu dan anak dari keluarga kurang mampu. Ia mendoakan agar anak-anak ini nantinya bisa menjadi orang besar yang membanggakan orang tua dan daerahnya.

Para peziarah memadati kawasan Makam Sunan Pojok Blora guma mengikuti pengajian umum dan tahlil bersama. (foto: dok-ib)
Ketua Panitia sekaligus Ketua Yayasan Sunan Pojok Blora, Suryanto dalam kesempatan itu juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Blora yang selama ini telah mendukung penuh penataan, perawatan komplek makam dan penyelenggaraan Haul Sunan Pojok yang telah menjadi agenda tahunan.

“Alhamdulillah tahun ini pertama kali Pengajian Umum Haul Sunan Pojok dilaksanakan di komplek makam dengan tampilan baru usai dilakukan revitalisasi. Bahkan seluruh dana kegiatan Haul Sunan Pojok tahun ini juga sepenuhnya dibiayai oleh Pemkab Blora, terimakasih Pak Bupati. Semoga membawa barokah untuk kita semua, aamiin,” terangnya.

Adapun untuk kegiatan Haul dilaksanakan sejak hari Senin (16/10/2017) dengan agenda Khotmil Qur'an bin Nadlor dan Pembukaan Kelambu Makam Sunan Pojok, dilanjutkan Khotmil Qur'an bil Ghoib dan tahlil umum bersama Forkopimda Blora serta Tausyiah oleh KH. Abdul Wahid dari Tayu Kab.Pati pada Selasa siang (17/10/2017).

(berita sebelumnya : klik - Penataan Makam Sunan Pojok Blora Bakal Diresmikan Pekan Depan)

Diakhiri peresmian dan pengajian umum pada malam harinya yang diisi oleh H Aria Muhammad, Lc, putra dari KH Agoes Ali Masyhuri dari Sidoarjo Jawa Timur. (humaskab | jo-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved