Blora on News :
Home » , » Hujan Deras Disertai Angin Sebabkan Pohon Roboh dan Sejumlah Bangunan Rusak

Hujan Deras Disertai Angin Sebabkan Pohon Roboh dan Sejumlah Bangunan Rusak

infoblora.com on Oct 19, 2017 | 7:00 PM

Pohon Sonokeling roboh di tengah jalan Blora-Ngawen, Kamis sore (19/10/2017). (foto: dok-infoblora)
BLORA. Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Kamis sore (19/10/2017) di Blora dan sekitarnya mengakibatkan banyak pohon tepi jalan raya roboh dan sejumlah bangunan rusak. Seperti yang terjadi di Jl.Blora-Ngawen tepatnya Desa Adirejo dan Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan.

Sebuah pohon sonokeling berukuran besar di tepi Jl.Blora-Ngawen Km 5 roboh dike tengah jalan sehingga mengakibatkan arus lalu-lintas tersendat dan macet mencapai 4 kilometer. Beberapa pohon di sekitar SMK Negeri 1 Blora, Desa Tamanrejo juga roboh ke jalan akibat angin kencang yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Sarmin (45) warga Desa Adirejo yang mengetahui peristiwa robohnya pohon sonokeling mengungkapkan bahwa ketika pohon roboh untungnya tidak ada pengguna jalan yang melintas. Sehingga tidak sampai jatuh korban.

“Untungnya petugas BPBD dan Satlantas Polres Blora cepat datang dan melakukan penanganan. Baik penanganan pohon maupun pengaturan arus lalu lintas agar tidak macet berkepanjangan,” ucapnya.

Setidaknya butuh waktu hingga satu jam untuk menangani pohon sonokeling yang roboh di tengah jalan tersebut. Petugas BPBD dengan dibantu warga sekitar bergotong royong memotong dahan pohon dan menyingkirkan ke tepi jalan.

Kepala Pelaksana BPBD Blora, Sri Rahayu menerangkan bahwa setelah hujan deras dirinya kebetulan melintas di Jl.Blora-Ngawen. Melihat ada pohon roboh, ia langsung menghubungi petugas yang sedang piket untuk meluncur ke lokasi.

Kemacetan panjang akibat pohon roboh di Jl.Blora-Ngawen Km 5. (foto: dok-infoblora)
“Saya baru selesai kegiatan PKK, ada pohon roboh. Anak-anak yang piket di kantor langsung saya hubungi untuk meluncur ke TKP guna melakukan penanganan pohon roboh,” ucap Sri Rahayu sambil melakukan pengaturan arus lalu-lintas sebelum Satlantas datang.

Selain pohon roboh, menurutnya sekitar sepuluh rumah di sekitar lokasi juga mengalami kerusakan. Genting rumah warga banyak yang berjatuhan, begtu juga dengan antena banyak yang patah.

“Bahkan di pusat Kota Blora ada bangunan tower pemancar sebuah radio yang roboh menimpa kabel listrik PLN yang berada di tepi Jl.RA Kartini. Sehingga listrik dipadamkan sambil menunggu penanganan dari PLN,” lanjutnya.

Atas kejadian ini, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, khususnya saat hujan deras turun disertai angin kencang. Jangan sampai berteduh di bawah pohon, namun mencari bangunan yang aman untuk berteduh. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved