Blora on News :
Home » , » Umat Muslim Diajak Berkurban Demi Keutuhan & Kesuksesan Pembangunan Blora

Umat Muslim Diajak Berkurban Demi Keutuhan & Kesuksesan Pembangunan Blora

infoblora.com on Sep 1, 2017 | 10:00 AM

Bupati Djoko Nugroho menyerahkan sapi kurban kepada pengurus takmir Masjid Agung Baitunnur Blora setelah mengikuti pelaksanaan sholat ied berjamaah. (foto: dok-humas)
BLORA. Tepat di hari Jumat (1/9/2017) seluruh umat Islam di dunia merayakan Idul Adha atau Hari Raya Kurban, tidak terkecuali Blora. Berkenaan dengan hal ini, Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya sebelum pelaksanaan Sholat Ied di Masjid Agung Baitunnur Blora memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat muslim yang merayakannya.

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H. Di bulan ini kita diperintahkan Allah untuk menunaikan Ibadah Haji bagi yang mampu, Sholat Ied pada Hari Raya Idul Adha dan menyembelih hewan kurban bagi yang dilapangkan rizkinya. Kesadaran dan keikhlasan melaksanakan ketiga perintah tadi mencerminkan tingginya kualitas keimanan dan ketakwaan seorang muslim terhadap Allah SWT,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berpesan agar momentum Hari Raya Idul Adha ini dioptimalkan sebagai wahana perenungan, pencerahan dan peningkatan kesadaran serta keikhlasan dalam mengabdikan diri kepada agama, masyarakat, bangsa dan negara.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berkurban, tidak hanya berkurban sapi atau kambing saja, namun juga berkurban waktu, tenaga dan pikiran untuk kerja bersama menjaka keutuhan, kerukunan dan kemanan Blora demi suksesnya pembangunan.

“Sebagai kaum muslimin, pada saat hari Idul Adha yang mulia ini, kami minta agar saudara berkurban, bukan hanya domba, kambing atau sapi, tetapi juga berkurban waktu, tenaga dan
berkurban untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya di Kabupaten Blora, sehingga situasi kondusif seperti saat ini bisa terus terjaga sebagai modal dasar membangun Blora menuju masyarakat Blora yang lebih sejahtera dan bermartabat,” lanjutnya.

Sambutan itu disampaikan kepada ribuan jamaah yang memenuhi Masjid Agung Baitunnur Blora hingga Alun-alun. Setelah itu dilanjutkan sholat ied yang dipimpin langsung oleh Imam KH Afiffudin serta khotbah oleh khatib KH Abdul Ghoni SH yang menyampaikan tentang hikmah berkurban dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Selain diikuti Bupati Djoko Nugroho beserta keluarga, sholat ied di Masjid Agung Baitunnur tersebut juga diikuti Sekda Drs. Bondan Sukarno MM, Kapolres AKBP Saptono SIK, MH, Kepala Kesbangpol Blora Achmad Nur Hidayat, Kabag Humas dan Protokol Setda Blora Ngaliman SP, MMA serta sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Usai sholat dan khotbah, dilanjutkan dengan acara penyerahan hewan kurban dari Bupati Blora kepada Takmir Masjid Agung Baitunnur. Bupati didampingi istri serta dua orang putra putrinya menyerahkan satu ekor sapi besar untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima. Diikuti Kapolres AKBP Saptono SIK, MH, serta para pejabat lainnya.

Khoirurroziqin selaku Takmir Masjid mengatakan bahwa di Idul Adha 1438 H ini sudah menerima 6 ekor sapi dan sejumlah kambing yang akan disembelih pada hari Sabtu (2/9/2017).

“Terimakasih kepada Pak Bupati dan seluruh penyumbang hewan kurban yang telah mempercayakan pengelolaan kurbannya kepada takmir Masjid Agung Baitunnur. Hewan kurban ini akan kami sembelih di rumah pemotongan hewan Blora pada Sabtu (2/9/2017) dan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu. Kami sudah menyediakan 2000 kupon untuk pembagiannya,” terangnya. (humas | res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved