Blora on News :
Home » , » Pembangunan 4 Embung Senilai 23,4 Miliar di Blora Hampir Selesai

Pembangunan 4 Embung Senilai 23,4 Miliar di Blora Hampir Selesai

infoblora.com on Sep 21, 2017 | 10:33 PM

Bupati Djoko Nugroho bersama beberapa Kepala OPD terkait meninjau pembangunan Embung Purwosari yang mulai terisi air. (foto: dok-ib)
BLORA. Pembangunan empat buah embung besar senilai total puluhan miliar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melalui Direktorat Jendral Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana di Kabupaten Blora diapresiasi oleh Bupati Blora Djoko Nugroho.

Pasalnya wilayah Blora yang selalu kesulitan air di saat musim kemarau, kedepan secara bertahap akan berkurang dengan adanya pembangunan embung dari BBWS tersebut. Keempat embung itu adalah Embung Plered di Desa Purworejo dan Embung Purwosari di Desa Purwosari, Kecamatan Blora, lantas Embung Jiken di Desa Jiken, Kecamatan Jiken serta Embung Kemiri di Desa Kemiri Kecamatan Jepon.

“Terimakasih atas bantuan Kementerian PUPR yang telah membangun empat embung di Kabupaten Blora. Saya senang proyek ini bisa dibangun dengan baik dan hampir selesai,” ucap Bupati Djoko Nugroho saat melakukan peninjauan pembangunan empat embung yang pembangunannya sudah mencapai 90 persen tersebut, Rabu (20/9/2017).

Pembangunan Embung Plered di Desa Purworejo juga ditinjau oleh Bupati.
(foto: dok-ib)
Dalam peninjauan itu, ia didampingi Kepala DPUPR Ir. Samgautama, MT, Kepala Dinrumkimhub Ir. Samsul Arief, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Reni Miharti, M.Agr.Bus, Kepala DLH Ir. Dewi Tedjowati serta Kabag Humas Protokol Ngaliman SP, MMA.

Saiki piye carane sekitar embung kui dadi urip. Kudu iso nguripi pertanian sak kiwo tengene. Coba nanti beberapa dinas terkait untuk mulai merencanakan pengembangan pemanfaatan embung yang sudah dibangunkan Kementerian PUPR dan BBWS ini. Misal dengan penanaman pohon sekitar embung, pelepasan ikan, dan pembangunan saluran irigasinya untuk persawahan,” lanjut Bupati yang akrab dipanggil Pak Kokok ini.

Berdasarkan data yang diterima dari BBWS, pembangunan 4 embung ini total anggarannya sebesar 23,4 miliar. Dengan rincian pembangunan Embung Plered senilai Rp 14 miliar dengan kapasitas daya tampung air sebanyak 210.870 meter kubik. Kedua, Embung Purwosari senilai Rp 3,5 miliar dengan daya tampung air 42.235 meter kubik.

Ketiga, Embung Jiken senilai 3,2 miliar dengan kapasitas air 40.335 meter kubik, dan keempat Embung Kemiri senilai Rp 2,7 miliar dengan kapasitas air 40.335 meter kubik. Keempat embung ini diperkirakan bisa mengairi area persawahan hingga seluas 374 hektare.

Kepala DPUPR Blora, Ir. Samgautama Karnajaya MT mengungkapkan bahwa tahun ini Pemkab Blora juga melakukan revitalisasi beberapa embung besar agar memiliki daya tampung lebih besar untuk pertanian. Diantaranya Embung Rawa Karangjati dan Embung Bogem Kecamatan Japah. (humaskab | jo-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved