Blora on News :
Home » , , » Dapat Signal Positif, Pengaktifan Lapter Ngloram Diharapkan Mulai 2018

Dapat Signal Positif, Pengaktifan Lapter Ngloram Diharapkan Mulai 2018

infoblora.com on Sep 24, 2017 | 8:30 AM

Gambar rencana pengembangan Lapter Ngloram oleh Kementerian ESDM beberapa waktu lalu. (foto: dok-infoblora)
BLORA. Rencana pengaktifan lapangan terbang Ngloram yang berada di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu mendapatkan signal positif dari Kementerian ESDM, pasca kunjungan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM RI, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja ke Kabupaten Blora, Selasa (8/8) lalu.

Wakil Bupati Blora, H.Arief Rohman M.Si di sela acara temu media bersama SKK Migas, Rabu (20/9/2017) lalu mengatakan bahwa Menteri ESDM Ignasius Jonan secara lisan telah menyetujui pengaktifan kembali lapangan terbang yang status lahannya milik Kementerian ESDM itu.

“Sekarang sedang diproses administrasinya. Secara lisan [menteri] ESDM mengatakan sudah setuju,” katanya.

Pemkab Blora pun mengharapkan proses pengaktifan lapangan terbang tersebut bisa dilakukan mulai tahun 2018 mendatang. Menurut Arief Rohman, dengan adanya lapangan terbang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Lapangan terbang menjadi pintu masuk bagi investor dan wisatawan sehingga mendongkrak ekonomi daerah.

“Kami belajar dari Banyuwangi. Disana bandaranya juga dimulai dengan pesawat kecil. Asetnya masih milik Kementerian ESDM, nanti operasionalnya Pemkab dan Kementrian Perhubungan join,” kata Arief.

Karena lapangan terbang Ngloram masih aset Kementerian ESDM. Untuk itu diperlukan pelepasan aset terlebih dahulu dari ESDM ke Kementerian Perhubungan. Setelah itu baru dari Kementerian Perhubungan ke Pemkab Blora.

Pihaknya menginginkan tahap awal lapangan terbang ini dapat aktif bagi penerbangan sipil terlebih dahulu. Setelah itu akan dilakukan peningkatan landasan pacu dari saat ini 900 meter menjadi 1.200 meter. “Untuk anggaran investasinya masih kami hitung,” katanya. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved