Blora on News :
Home » , » Tutup Agustusan, Mojorembun Menggelar Pawai Desa

Tutup Agustusan, Mojorembun Menggelar Pawai Desa

infoblora.com on Aug 31, 2017 | 10:00 AM

Pelaksanaan pawai Mojorembun Carnival 2017 di Desa Mojorembun Kecamatan Kradenan, Rabu (30/8/2017). (foto: dok-rif)
KRADENAN. Semangat Kemerdekaan sepertinya belum surut sedikit pun dari warga Desa Mojorembun. Pasalnya di penghujung bulan Agustus, tepatnya Rabu 30 Agustus 2017 kemarin perangkat Desa beserta warganya gegap gempita menggelar pawai seni dan budaya yang dikemas dalam Mojorembun Carnival 2017.

Acara ini merupakan kelanjutan kemeriahan peringatan HUT RI ke 72 sekaligus sebagai kegiatan penutup Agustusan di Desa Mojorembun. Sebelumnya masyarakat fokus dengan kegiatan di dukuhan masing-masing dengan kegiatan yang beragam.

Menyadari potensi dari tiap dukuhan yang luar biasa itu, Karang taruna Desa Mojorembun yang tergabung dalam panitia HUT RI ke 72 lantas berinisiatif untuk menggelar Mojorembun Carnival 2017.

Peserta Mojorembun Carnival 2017 terdiri dari 24 rombongan peserta yang berasal dari lembaga pendidikan, komunitas seni dan 14 RT yang terdapat di Desa Mojorembun. Mereka melewati rute sepanjang jalan mulai dukuh Banjarejo hingga dukuh Sendangtliko.

Sejak tengah hari, sepanjang rute itu sudah dipadati masyarakat. Mereka tidak mau melewatkan suguhan gratis persembahan dari masyarakat Mojorembun dalam kegiatan itu. Pada pukul 14.00 WIB Mojorembun Carnival 2017 diberangkat langsung oleh Camat Kradenan, Bapak Sutarso.

Beberapa peserta pawai foto bersama dengan Camat Kradenan dan Kades Mojorembun.
(foto: dok-rif)
Kreativitas masyarakat Mojorembun terlihat sekali dalam acara yang baru pertama kali digelar itu. Setiap rombongan secara totalitas menunjukkan kemampuan terbaiknya yang terangkum dalam tema tertentu.

Ada yang mengusung kisah Ratu Kencono Wungu dari Majapahit, atraksi komunitas barongan, arakan hasil pertanian, hingga kampanye Keluarga Berencana (KB) yang memang minggu lalu telah disematkan kepada Desa Mojorembun sebagai Kampung KB. Dalam kegiatan tersebut nampak kades Mojorembun beserta perangkatnya naik kereta kencana yang pada barisan terdepan sambil menyapa masyarakat di kanan-kiri jalan.

“Masyarakat Mojorembun memang luar biasa. Kreatif dan totalitas. Saya tunggu Mojorembun Carnival 2018 ya, pasti lebih meriah lagi,” puji Camat Kradenan yang ditemui di panggung kehormatan depan Balaidesa Mojorembun.

Sementara itu ditemui di tempat yang sama Kepala Desa Mojorembun, Syaifudin Zuhri mengungkapkan terima kasih dan rasa syukurnya atas gelaran Mojorembun Carnival 2017 itu.
“Alhamdulillah… dan terima kasih kepada masyarakat Mojorembun atas partispasinya, juga kepada segenap panitia dan pihak-pihak yang menyukseskan Mojorembun Carnival 2017 ini. Satu kata, Luar Biasa,” ungkap Pak Asep panggilan akrab Kades Mojorembun itu.

Selain menjadi hiburan gratis masyarakat, Mojorembun Carnival 2017 juga mendatangkan berkah bagi para pedagang di sepanjang rute karnaval. Mereka meyakini bahwa kemeriahan acara itu akan mengundang banyak massa sehingga menjadi tempat yang pas untuk mengais rejeki.

“Alhamdulillah laris mas… Ada gula ada semut, ya begitulah mas” ungkap Wartini, salah satu penjual es campur di sekitar garis finish. (rifai/res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved