Blora on News :
Home » , » Peringatan Detik Detik Proklamasi ke 72 Berjalan Lancar, Bupati : "Blora Mantap"

Peringatan Detik Detik Proklamasi ke 72 Berjalan Lancar, Bupati : "Blora Mantap"

infoblora.com on Aug 17, 2017 | 12:00 PM

Upacara peringatan Detik Detik Proklamasi ke 72 Republik Indonesia di Alun-alun Blora. (foto: dok-ib)
BLORA. Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Repiblik Indonesia yang ke 72 tingkat Kabupaten Blora berlangsung aman dan lancar. Atas kesuksesan tersebut, Bupati Djoko Nugroho yang bertidak sebagai inspektur upacara mengucapkan terimakasih atas kerja keras seluruh panitia, terutama Paskibraka yang tampil tegap dan tegas dalam proses pengibaran bendera.

“Alhamdulillah upacara kali ini berjalan bagus. Blora mantap..!! Berikan yang terbaik di hari bersejarah di Republik ini,” ucapnya.

Sebelumnya dalam amanatnya, ia membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo SH, MIP. Ia mengingatkan kembali pentingnya arti kemerdekaan, kepahlawanan dan kebangkitan semangat dalam mengisi kemerdekaan.

“Riang pekik merdeka begitu membahana di seluruh antero nusantara bahkan dunia. Hari ini rasa nasionalisme dan kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia makin mengemuka dan bergelora di dalam dada. Kita akan selalu ingat kepada mereka yang telah berjuang untuk bangsa ini hingga merdeka. Kita akan selalu terkenang akan semangat juang para pahlawan kusuma bangsa. Dekat sekali. Sedekat jantung kita,” ucapnya.

Selaku inspektur Upacara, Bupati ikut bangga dan bersyukur atas terlaksananya
upacara dengan baik dan lancar. (humas |res-ib)
Menurutnya pahlawan adalah mereka yang telah mewakafkan diri untuk Indonesia Merdeka. Pahlawan adalah mereka yang telah tulus ikhlas berkorban jiwa raga demi Indonesia yang bersatu dan berdaulat.

“Tugas kita, menjaga api semangat juang kepahlawanan ini agar terus menyala. Sejak revolusi sampai pasca reformasi, sejak Sukarno sampai Joko Widodo, tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, meski kena angin topan dan badai yang menghantam. Karena ini kuatan dan jatidiri sejati kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tidak pernah gentar dan pantang surut ke belakang menghadapi persoalan dan tantangan,” lanjutnya.

Walaupun terlampau banyak agenda seremoni, namun menurutnya insya Allah, agenda ini didedikasikan untuk membangun semangat bangsa Indonesia.

“Saya ingin momentum hari ini menjadi penumbuh semangat warga, kemudian menjadi kehendak kuat yang akhirnya dibuktikan oleh kerja nyata. Sebab, yang paling penting, bagaimana mengisi kemerdekaan itu,” tegasnya.

Tidak hanya upacara pengibaran bendera, saat detik-detik proklamasi juga dibunyikan sirine peninggalan jepang, bedug masjid dan kentongan kabupaten untuk mengingat saat saat ketika bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Usai upacara dilanjutkan dengan acara tambahan berupa aksi teaterikal perjuangan sedulur sikep (samin) Blora melawan penjajah, pemberian penghargaan piagam Satyalancana Karya Satya XXX Tahun dan Satyalancana Karya Satya XX Tahun kepada 42 PNS secara simbolis, pemberian remisi dan pelantikan 19 Kades hasil Pilkades. (humas | res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved