Blora on News :
Home » , » Panen Raya Bawang Merah di Desa Nglengkir Melimpah

Panen Raya Bawang Merah di Desa Nglengkir Melimpah

infoblora.com on Aug 24, 2017 | 8:00 AM

Panen raya bawang merah di Dukuh Kaboh Desa Nglengkir Kecamatan Bogorejo. (foto: dok-ib)
BLORA. Potensi komoditas pertanian Kabupaten Blora terus berkembang. Setelah surplus beras, kini giliran bawang merah menunjukkan hasilnya. Salah satunya di lahan kelompok tani Karya Jaya Dukuh Kaboh, Desa Nglengkir, Kecamatan Bogorejo saat panen raya, Selasa (22/8/2017) lalu.

Para petani mulai memanen bawang merah (brambang-red) sejak awal pekan kemarin hingga beberapa hari kedepan. Seperti Pak Mustari salah satu petani bawang merah di Dukuh Kaboh yang merasa bersyukur lantaran hasil panen kali ini termasuk bagus.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora, Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus, yang hadir di Dukuh Kaboh bersama jajarannya untuk mengikuti panen raya menyatakan bahwa komoditas bawang merah saat ini memang sedang dikembangkan kembali di Kabupaten Blora.

“Seperti di Dukuh Kaboh, Desa Nglengkir ini alhamdulillah hasilnya bagus. Di lahan milik Pak Mustari rata rata per hektare menghasilkan 14,5 ton bawang merah dengan ukuran cukup besar,” ucap Reni Miharti.

Sementara itu untuk luas lahan pertanian bawang merah di Dukuh Kaboh menurutnya ada 11 hektare yang kemarin dipanen secara bersama-sama dan dikumpulkan untuk dijual ke pasaran dengan harga berkisar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu dari petani.

“Untuk Dukuh Kaboh luas lahan bawang merah yang mendapatkan bantuan sarana prasarana dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan seluas 2 hektare, selebihnya petani melakukan penanaman secara mandiri dengan arahan para Penyuluh Pertanian Lapangan,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa bantuan sarpras dari dinas tersebut berasal dari APBD Kabupaten Blora tahun 2017. “Kecamatan Bogorejo yang mendapatkan bantuan sarpras totalnya 5 hektare,” ucapnya.

Bulan Juli lalu juga dilakukan penan raya bawang merah di Desa Sumber kecamatan Kradenan yang lahannya bersebelahan dengan lokasi pertambangan gas PPGJ Blok Gundih. Pihaknya berharap kedepan komoditas bawang merah Kabupaten Blora bisa terus berkembang karena kualitasnya tidak kalah dengan brambang Brebes.

Sebagai pemberitahuan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan pada tanggal 15-17 September 2017 mendatang akan menyelenggarakan Gelar Potensi Pertanian Blora 2017 di Blok T Kota Blora. (humas | res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved