Blora on News :
Home » , » Kagama Blora Bagikan Bendera Merah Putih di Kampung Samin

Kagama Blora Bagikan Bendera Merah Putih di Kampung Samin

infoblora.com on Aug 1, 2017 | 10:19 PM

Pengurus Kagama Blora serahkan bantuan bendera merah putih kepada warga Kampung Samin Klopoduwur. (foto: dok-aiz)
BLORA. Memasuki bulan Agustus, semarak menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI semakin nampak. Bendera merah putih sejak tanggal 1 Agustus mulai dipasang di depan rumah-rumah warga, tidak terkecuali warga Kampung Samin Desa Klopoduwur yang terletak di tengah kawasan hutan.

Kemeriahan semakin lengkap dengan adanya bantuan bendera merah putih yang diserahkan oleh Keluarga Besar Alumnus Universitas Gajah Mada (Kagama) Blora, kemarin.Sedulur sikep (Samin) setempat menjadi lebih semangat memasang bendera merah putih.

Diketahui bersama, pemasangan bendera merah putih selama satu bulan penuh 1-31 Agustus tersebut menindaklanjuti surat dari Menteri Sekretaris Negara nomor B-545/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2017 tentang Partisipasi Menyemarakkan Bulan Kemerdekaan.

Berdasarkan surat itu, Mensesneg Pratikno mengimbau masyarakat mengibarkan bendera merah putih secara serentak 1-31 Agustus, memasang umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya.

‘’Bendera merah putih itu adalah pusaka. Oleh karena itu kami mengibarkan bendera tersebut memperingati Hari Kemerdekaan RI di bulan Agustus ini,’’ ujar Mbah Lasio, sesepuh Sedulur Sikep Samin di Dukuh Karangpace.

Pemberian bantuan bendera merah putih oleh Kagama Blora seakan menjadi penyemangat bagi Sedulur Sikep Samin dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI. Apalagi bendera merah putih yang mereka miliki selama ini sebagian diantaranya sudah lama dan sudah waktunya diganti.

Penyerahan bantuan bendera merah putih sebanyak 50 buah tersebut dilakukan di depan pendopo Sedulur Sikep Samin Karangpace. Ketua Kagama Blora Samgautama Karnajaya didampingi sejumlah pengurus lainnya seperti Kunto Aji (Bendahara) dan Sekretaris R Gundala Wejasena menyerahkan bantuan tersebut langsung kepada Mbah Lasio disaksikan warga Sedulur Sikep Samin lainnya.

‘’Merupakan salah satu tanggungjawab kami sebagai alumni UGM dimana salah satu anggotanya dipercaya sebagai Presiden RI. Oleh karena itu kami berikan bantuan bendera merah putih bertujuan agar warga bisa bersama-sama serentak mengibarkan bendera merah putih 1-31 Agustus,’’ tandas Gundala Wejasena, sekretaris Kagama Blora.

Gundala Wejasena yang juga kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora menegaskan, pemberian bantuan bendera itu hendaknya tidak dilihat dari jumlahnya. Melainkan filosofi yang terkandung di dalamnya, yakni penyebarluasan semangat mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (aiz/res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved