Blora on News :
Home » , » SDN 4 Mendenrejo Juarai Festival Barongan Anak se Kab.Blora

SDN 4 Mendenrejo Juarai Festival Barongan Anak se Kab.Blora

infoblora.com on Jul 16, 2017 | 8:30 AM

Festival Barongan Anak 2017 memeriahkan event bersama Pakudjembara di Alun-alun Blora, Sabtu (15/7/2017). SDN 4 Mendenrejo keluar sebagai juara pertama. (foto: dok-ib)
BLORA. Tim kesenian barongan anak dari SD Negeri 4 Mendenrejo yang mewakili UPTD TK/SD Kecamatan Kradenan keluar sebagai juara pertama dalam Festival Barongan Anak 2017 dalm rangka event bersama Pakudjembara, Sabtu siang (15/7/2017) kemarin.

Tampil memukai di hadapan juri dan ribuan penonton yang memadati kawasan Alun-alun Kota Blora, tim barongan yang dimainkan oleh anak-anak SD ini mampu menyuguhkan gerakan tari barongan yang garang serta iringan gamelan yang kompak sesuai dengan gerakan penari. 

Kelincahan dan penghayatan penokohan dalam pertunjukan seni Barongan juga dinilai apik oleh tiga orang juri yang terdiri dari Setyo Pujiono alias Pak Gembong (Dinporabudpar), Mas Toteng (ISI Solo) dan Edi Kalbu (pemerhati seni).

Tampil dengan nomor undi dua, tim barongan SDN 4 Menden menampilkan komplit penokohan dalam seni barong. “Semuanya ditampilkan dalam sebuah urutan cerita, bagus,” ucap Edi Kalbu.

Sementara itu, juara kedua diraih oleh SDN 1 Tutup wakil UPTD TK/SD Kecamatan Tunjungan dan juara ketiga adalah SDN 1 Sambong wakil dari UPTD TK/SD Kecamatan Sambong.

Puri, salah satu panitia festival menyatakan bahwa acara tersebut diikuti oleh perwakilan UPTD TK SD se Kabupaten Blora. “Semuanya adalah tim barongan anak-anak dari SD yang mewakili UPTD TK/SD masing-masing se Kabupaten Blora. Acara dimulai mulai pukul 09.00 WIB dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji menyampaikan bahwa Festival Barongan Anak Kabupaten Blora ini bertujuan untuk menyemarakkan event tahunan Pakudjembara. Seni Barong diharapkan dapat terus dilestarikan keberadaannya sebagai salah satu ikon Kabupaten Blora.

“Melalui festival ini, kami juga berharap dapat menggairahkan kembali animo masyarakat sehingga kaderisasi seniman Barongan Blora dapat terus berkesinambungan,” tandasnya.

Respon positif dari masyarakat yang ditunjukkan dengan banyaknya penonton Festival Barongan Anak ini pun dinilai menggembirakan.

“Melihat banyaknya penonton pada festival ini, kami optimis bahwa Seni Barongan Blora akan terus hidup sebagai produk seni khas Blora yang membanggakan. Selamat kepada para pemenang, ” pungkasnya. (res-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved