Blora on News :
Home » , » Mahasiswa KKN UGM Ajak Peternak Desa Kebonrejo Kenali Bahaya Zoonosis

Mahasiswa KKN UGM Ajak Peternak Desa Kebonrejo Kenali Bahaya Zoonosis

infoblora.com on Jul 27, 2017 | 4:58 PM

Para peternak pemilik sapi mengikuti sosialisasi penyakit zoonosis dari mahasiswa KKN UGM di Balaidesa Kebonrejo. (foto: dok-ib)
BLORA. Mahasiswa dari Universitas Gadjahmada (UGM) Yogyakarta yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kebonrejo Kecamatan Banjarejo menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang bahaya penyakit zoonosis kepada para peternak sapi. Berlangsung di Balaidesa Kebonrejo, sosialisasi yang dilaksanakan Selasa (25/7/2017) lalu ini menggandeng Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora.

Penyakit zoonosis dimilai sebagai salah satu masalah yang dihadapi pada bidang kesehatan hewan. Dimana saat ini mulai marak penyakit zoonosis. Penyakit zoonosis merupakan penyakit hewan yang dapat menular kepada manusia, sehingga ada dua objek yang dirugikan akibat penyakit ini, yaitu hewan dan manusia.

Selain sosialisasi zoonosis, mereka juga melaksanakan penjelasan Modul Obat Hewan Tradisional dengan Tanaman Herbal sehingga peternak bisa melakukan pengobatan sendiri tanpa harus ke dokter hewan. Apalagi di Desa Kebonrejo ini sebagian besar memiliki ternak sapi.

Menurut Ernawati selaku penangggung jawab program, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang adanya penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan ternak mereka.

“Kami menghimbau masyarakat agar lebih memperhatikan kebersihan tempat ternak mereka. Mengingat banyaknya kandang ternak yang masih bercampur dengan rumah. Bahkan tidak sedikit kandang sapi yang berada di dekat dapur, kamar, atau ruang tamu,” ucapnya.

Pemberian modul pengobatan penyakit pada hewan dengan tanaman herbal.
(foto: dok-ib)
Kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama dua jam ini disampaikan oleh drh. Tejo Yuwono dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora. Masyarakat sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Hal ini ditunjukkan dengan adanya banyaknya pertanyaan yang muncul ketika sesi diskusi dibuka.

Setelah penyampaian materi dan diskusi, dilanjutkan dengan pemutaran video dan penjelasan tentang pengobatan penyakit pada hewan dengan menggunakan bahan-bahan alami/tanaman herbal.

Tim KKN juga menyiapkan modul obat hewan tradisional yang diserahkan kepada kelompok tani di masing-masing perdukuhan di Desa Kebonrejo.

“Acara ini cukup baik, masyarakat jadi tersadarkan pentingnya menjaga kebersihan kandang dan bertambahnya wawasan mereka tentang penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan,“ ujar pak Munajad, salah satu perangkat desa yang menghadiri acara tersebut.

Beliau juga menyampaikan, semoga dengan adanya acara ini masyarakat juga tergerak untuk memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar sebagai obat hewan ternak mereka seperti yang telah dijelaskan oleh mahasiswa KKN. (bet/res-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved