Blora on News :
Home » , , » Jalan Lagi Dengan Gerbong Baru, KA New Blora Jaya Serasa Kereta Eksekutif

Jalan Lagi Dengan Gerbong Baru, KA New Blora Jaya Serasa Kereta Eksekutif

infoblora.com on Jul 6, 2017 | 4:27 PM

Tampilan interior gerbong KA New Blora Jaya kini serasa kereta eksekutif. Hanya dengan Rp 50 ribu bisa menikmati perjalanan dari Stasiun Cepu menuju Semarang Poncol dan sebaliknya. (foto: ras-infoblora)
BLORA. Setelah berhenti beroperasi sejak 4 Oktober 2016 lalu dengan alasan kerusakan gerbong, akhirnya PT.Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) IV Semarang mengaktifkan kembali Kereta Api (KA) Blora Jaya trayek Cepu-Semarang Poncol dengan nama KA New Blora Jaya.

Pengaktifan KA New Blora Jaya dilakukan dalam kegiatan launching yang dilakukan Rabu malam (5/7/2017) oleh Kepala PT.KAI Daop IV Semarang Wiwik Widayati di Stasiun Semarang Poncol. Sedangkan dari Stasiun Cepu dilaunching pada Kamis pagi (6/7/2017) oleh Kepala Stasiun Cepu Suhendar.

Suhendar, ketika ditemui setelah launching di Stasiun Cepu, Kamis pagi (6/7/2017) mengatakan bahwa KA New Blora Jaya kini menggunakan rangkaian gerbong baru dan tidak memakai rangkaian Kereta Rel Diesel (KRD) lagi.

Sejumlah calon penumpang mengantri menunggu giliran masuk ke gerbong baru
KA New Blora Jaya ketika berada di Stasiun Cepu, Kamis (6/7/2017).
(foto: ras-infoblora)
“Jika KA Blora Jaya dahulu hanya menarik 4 gerbong penumpang saja, kini yang baru saja dilaunching menggunakan rangkaian kereta baru sebanyak 7 gerbong buatan dalam negeri. Produk PT.Industri Nasional Kereta Api (INKA) Madiun tahun 2016. Semuanya masih baru dan lebih nyaman untuk penumpang,” ucapnya.

Dengan tampilan baru, KA New Blora Jaya kelas ekonomi ini secara fisik mirip kereta kelas eksekutif. Saat jusnalis Info Blora mencoba masuk ke dalam gerbong kereta, tampak adanya perbedaan yang mencolok antara KA Blora Jaya Ekspres yang lama dengan KA New Blora Jaya saat ini.

Kursi penumpang yang sebelumnya ditempatkan berhadapan, kini sejajar menghadap LCD TV yang terpasang di tengah gerbong. Tampilan kursi penumpang semakin elegan dipadu dengan fasilitas AC, dan colokan listrik untuk carger hp. Toilet yang masing-masing berada di ujung gerbong juga tampak mlebih bersih dan wangi.

“Peningkatan layanan dengan pembaharuan fasilitas ini diberikan PT.KAI agar masyarakat khususnya penumpang bisa lebih nyaman naik kereta. Diharapkan kedepan akan semakin banyak masyarakat yang ikut naik kereta api. Ayo naik kereta,” tegas Suhendar.

Suhendar, Kepala Stasiun Cepu memberikan keterangan mengenai KA New Blora Jaya. (foto: ras-infoblora)
Untuk harga tiket KA.New Blora Jaya ini menurutnya dibanderol sebesar Rp 50 ribu per orang trayek Cepu-Semarang Poncol atau sebaliknya. Waktu tempuhnya, lanjut dia, juga lebih cepat karena sebelumnya ketika KRD selama 2 jam 51 menit, tetapi sekarang ini Semarang-Blora bisa ditempuh selama 2 jam 24 menit.

“Harga tiketnya dibedakan sedikit. Kalau sekarang, tarifnya Rp 50 ribu untuk keberangkatan Poncol-Cepu, demikian sebaliknya. Kalau ke Randublatung, Doplang, dan Kradenan hanya Rp 35 ribu,” ujarnya.

Ketika disinggung tentang kapasitas tempat duduk kereta, ia menerangkan bahwa KA Blora Jaya dahulu hanya terdapat 393 tempat duduk sehingga ada penumpang banyak yang berdiri. Namun sekarang, kapasitasnya menjadi 544 kursi dan semua penumpang terlayani tempat duduk. 

Jika dahulu KA Blora Jaya trayeknya sampai Bojonegoro, kini hanya melayani Semarang-Cepu saja. hal itu dikarenakan dahulu Stasiun Bojonegoro masih masuk wilayah PT.KAI Daop IV Semarang, namun kini Stasiun Bojonegoro sudah beralih ke wilayah PT.KAI Daop VIII Surabaya.

Adapun jadwal perjalanan KA New Blora Jaya tidak mengalami perubahan, hampir mirip dengan jadwal yang lama yakni sebagai berikut :

KA NEW BLORA JAYA (241) dari CEPU ke SEMARANG PONCOL
STASIUN
DATANG
BERANGKAT
CEPU
05.00
RANDUBLATUNG
05.20
05.25
DOPLANG
05.35
05.41
KRADENAN
05.55
05.59
JAMBON
06.10
06.15
NGROMBO
06.25
06.30
SEMARANG TAWANG
07.15
07.18
SEMARANG PONCOL
07.29
KA NEW BLORA JAYA (242) dari SEMARANG PONCOL ke CEPU
STASIUN
DATANG
BERANGKAT
SEMARANG PONCOL
19.10
SEMARANG TAWANG
19.18
19.21
NGROMBO
20.07
20.12
JAMBON
20.20
20.25
KRADENAN
20.37
20.41
DOPLANG
20.54
20.58
RANDUBLATUNG
21.05
21.10
CEPU
21.34

Tio (28) salah satu calon penumpang KA New Blora Jaya ketika ditemui di Stasiun Cepu mengungkapkan rasa senangnya ketika mengetahui kereta idolanya kini aktif kembali.

“Alhamdulillah KA New Blora Jaya aktif kembali. Kereta ini pasti sangat membantu warga masyarakat yang setiap minggu bepergian ke Semarang atau sebaliknya. Apalagi untuk adek-adek mahasiswa yang kuliah di Semarang, pasti akan sangat senang,” ungkapnya.


Diketahui bersama, memang sudah sejak lama KA Blora Jaya menjadi andalan moda transportasi warga Kabupaten Blora di sekitaran Sambong, Cepu, Kedungtuban, Randublatung hingga Jati untuk bepergian menuju Semarang. Karena terjadi kerusakan rangkaian KRD saat itu membuat Blora Jaya berhenti beroperasi dan kini digantikan rangkaian baru yang lebih modern. (ras-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved