Blora on News :
Home » , » Barongan Blora Curi Perhatian Ribuan Penonton Kirab Larung Sesaji

Barongan Blora Curi Perhatian Ribuan Penonton Kirab Larung Sesaji

infoblora.com on Jul 2, 2017 | 10:54 PM

Ibu-ibu warga Rembang heboh minta foto bareng dengan beberapa tokoh dalam kesenian Barongan Blora. (foto: dok-ib)
REMBANG. Kesenian Barongan Blora ternyata tidak hanya digemari warga Kabupaten Blora saja. Warga kabupaten tetangga yakni Rembang nampaknya juga menyukai kesenian ini. Terbukti saat dilaksanakan Kirab Larung Sesaji Sedekah Laut keliling Kota Rembang, Minggu (2/7), Barongan Blora berhasil mencuri perhatian ribuan penonton.

Setelah dilepas Bupati Rembang Abdul Hafidz di tepi dermaga Desa Tasikagung, kesenian Barongan Blora yang sengaja didatangkan warga setempat itu langsung menunjukkan pesonanya. Ada dua tim paguyuban Barongan Blora yang ditampilkan di event itu, yakni Gembong Aji Joyo dari Tempellemahbang Jepon dan Risang Guntur Seto (RGS) dari Kunden Blora.

Keduanya tampil apik dan kreatif dengan ciri khas masing-masing. Gembong Aji Joyo dengan gendruwonannya, sedangkan Risang Guntur Seto menampilkan wong ireng dan jaranan yang kompak dengan tanpa meninggalkan tokoh utama Singo Barong nya.

Barongan Blora berkeliling Kota Rembang dalam Kirab Larung Sesaji, Minggu (32/7).
(foto: dok-ib)
Sepanjang jalan rombongan Barongan Blora ini terus dimintai foto bersama, bahkan banyak yang menyawer. Ibu-ibu memberikan uang mulai pecahan 2 ribu hingga 10 ribu kepada penari jaranan, wong ireng hingga barongannya.

Berawal dari kawasan Pelabuhan Tasikagung Rembang, kirab larung sesaji sedekah laut beranjak menuju Jalan Wahidin menuju perempatan Jaeni, belok ke Jl.RA Kartini hingga Tugu Adipura. Kemudian ke barat masuk Jl.Diponegoro dan kembali ke Desa Tasikagung.

“Sudah beberapa kali ini kami diundang untuk ikut memeriahkan Kirab larung Sesaji Sedekah Laut. Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik dan antusias. Saking banyaknya yang nonton, sampai kami tidak bisa tampil maksimal karena jalan menjadi sempit. Sambutannya luar biasa,” terang Adi Wibowo, ketua paguyuban barongan RGS.

Salah satu penonton, Sri Handayani mengatakan bahwa dirinya senang bisa ikut menyaksikan pertunjukan Barongan Blora. Menurutnya seni Barongan Blora penampilannya berbeda dengan barongan dari daerah lainnya.

“Bagus, anak saya juga suka. Meskipun ada rasa takut namun tetap terhibur,” ucapnya, sambil mencabut rambut barongan saat lewat didepannya agar anaknya tidak ketakutan. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved